SUETO Tim

Hai Temen2 Pembaca!salam wildlife!Nih Awal perjalanan SUETO 2009 yang bener2 extreme!Berawal dari rencana liburan yang pada awalnya entah terpikir kemana akhirnya telah diputuskan secara otodidak dan….Kawah Ijen lah tujuannya. Berangkat dari rumah  Tom Raider(Base Camp Sueto)sekitar jam 9 malam dengan peserta 5orang yaitu Tom n Kindy(Pulsar200), Hilmy n Suehel( Megapro) n  Sando(SupraX14o bore up!xixixi). Berikut ini Rute perjalanan yang akan kita tempuh : Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Pasuruan-Probolinggo-Paiton-Besuki-Bondowoso-Wonosari-Sukosari-Sempol.

Rute perjalan Surabaya-Kawah Ijen

Dengan semangat Extreme yang menggebu2 kita berhasil nyampe Probolinggo dengan 1jam perjalanan berarti sekitar jm10an. Sesampainya di kota Probolinggo kita mampir makan di warung pinggir jalan anak2 sueto pun maem be2k goreng dech..karena memang belum ada yang maem waktu berangkat xixixi…Setelah 1/2jam maem kita pun langsung cabut. Sekitar 45menit kita nyampe di paiton..Wuih bagus banget pemandangan PLTU paiton pada malem hari akhirnya kitapun sempatkan foto2..

PLTU Paiton pada malam hari

Kindy menatap bintang

DiPaiton saat foto2 kami sempat tertangkap petugas karena memang sudah warning ada kamera pengintai tapi kami tidak menggubris akhirnya Saya Tom, Kindy, Hilmy dipanggil Sando dan Suehel kebawah eh ternyata ada polisi penjaga yang mendatangi kami menanyakan identitas kami n memperingatkan g boleh foto2 diluar jangkuan..xi

xixxixi tapi g pa2lah untungnya kami udah ambil foto2 jadi ya g masalah emank klu mencari sesuatu yang bagus itu limited..he2..Kemudian perjalanan dilanjutkan langsung menuju Bondowoso..dari Paiton sekitar 2jam nyampe Bondowoso setelah melewati daerah perbukitan yg jalannya naek turun…habis itu kita istirahat sebentar sambil ngopi menghangatkan tubuh mengingat udara pagi hari yang makin dingin..ambil kesempatan kita foto2 lagilah di alun2 Bondowoso…

Duet Kindy n Hilmy

Suehel n Batu alun2

Tom berbicara dengan makhluk asap

Kindy menunggu anak2 ngopi

Setelah Ngopi sekitar jm 3 pagi kita berangkat dari kota Bondowoso menuju langsung kawah ijen nah waktu perjalanan kami sempat terpisah saat melalui jalan hutan wah yang g kepikir deh pagi2 belum terang  lewat jalan yang kelewat ancur!gimana kawasan wisata Ijen yang bagus ini bisa maju wong jalannya aj g diperhatiin…tpi ap emank menuju ketempat2 yang bgus untuk harus melalui perjuangan yach?alasannya sech plink supaya masih kelihatan alami….(By The Way)Ahhhhh Baguuuuuuuus!Akhirnya kita sampe juga bersama meskipun sempet berpisah di hutan…..Pemandangan pagi hari yang bagus di daerah sekitar kawah ijen dan perkebunan kopinya itu low….!Dateng2 pagi2 sekitar setengah 5 udah bnyk turis yang antri daftar di pos pertama Ijen…Sembari meneruskan perjalanan melihat pemandangan disekitar kebun kopi kok bagus yo ayuwk kita foto2 lagi cuy…

Suehel bersama pemandangan indah pagi hari di Ijen

Berasap di kebun kopi

Menuju suatu tempat

Huh Brrrrrrrrrrrrr duiiiiiingiiiiin suhu di Ijen jika pagi hari sungguh dingin bagi yang memang kurang biasa terhadap keadaan dingin di Ijen hati2…menggigil!setelah merasa sangat dingin kita langsung menuju pos 2 tempat parkir mobil atau motor terakhir….

Hilmy pose

Deskripsi :

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kebetulan di situ ada warung kami pun beli sarapan roti n susu menghilangkan kedinginan n persiapan berangkat ke pendakian menuju kawah Ijen…..Sekitar jm6an naeknya  lebih kamipun siap berangkat menuju pendakian…jalan yang ditempuh memang g terlalu susah meskipun begitu ha2…suhel n  sando emput2 perjalanan di pendakian sepanjang 3kmpun kita lalui sedikit-demisedikit meter-permeter dengan pendaki2 lain yang mayoritas bule meskipun ada juga yang turis lokal selama perjalanan kami juga bertemu orang 2 yang membawa belerang di pundakanya wuih kelihatannya  berat banget tuh kata orang2 seh bobot belerangnya tuh bisa sampe 90kg lebih per

orang per bakulnya…kita pun mendaki dengat semangat extreme n foto2 dengan keadaan sekitar orang2 pembawa belerang pun juga sangat ramah kepada para pendaki nie foto2nya saat kami melakukan pendakian seru2…

Daki-mendaki

Tom foto dewe

Santai sejenak

Tom pose

Kindy n Hilmy lesehan dulu

Tempat penimbangan belerang

Setelah Beberapa saat mendaki eh…udah nyampe di pos timbang Belerang di situ kalau beli minum atau maem sekedar Indomie aja ada kok…Kami berhenti sebentar istirahat sebentar soalanya waktu itu perutku mules…untungae Sando bawa pil hitam..he2 akhrnya setelah itu kita foto2 lagi dunk..

Pondok kawah ijen tempo doloe

Setelah melalui pendakian selama 2jam lebih akhirnya sampe juga dipuncak Ijen Wuihhhhhh maut pemandangannya…Kawah Ijen dilihat dari puncak gunung Ijen sangat mengagumkan. Suasananya menyenangkan untuk di rasakan baik pemandangan alamnya maupun suasana alam membuat para pencinta alam menjadi tertarik untuk menjelajahi gunung Ijen ini. Di samping sebagai tempat rekreasi yang terindah di kawasan Bondowoso, kawasan gunung Ijen sering dijadikan anak-anak muda sebagai tempat berkemah yang cocok. Kawah Ijen merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona. Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, akan menambah sensasi yang dingin sekali bagi yang tidak terbiasa merasakan udara di kawah Ijen. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat Anda temukan, seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung.Yuk kita liat foto2 check this out!

Tom stay

Suehel stay cool

Sueto Tim dari kanan gambar Sando, Suehel, Kindy, Hilmy n Tom

Top view Ijen crater

Setelah berfoto ria di daerah kawah Ijen kami pun turun kebawah dengan perasaan senang, lega, bangga dan tentunya capek akhirnya setelah di pos tempat motor di parkir kami istirahat dan maem di warung sekitar kurang lebih sampe jam 2 siang..Setelah badan serasa fit kita pun beranjak pulang nah disini cerita unik dimulai berawal dari motor suprax140 yang bensinnya habis maklum be2k tangkinya dikit…akhirnya pun 3 orang mengisi bensin(Sando,Suehe n Hilmy )Nah saya n Kindy turun duluan tapi sudah bilang pada anak2 bahwa akan berhenti sejenak di air terjun disekitar jalan balik ke pos awal or pertama…Saya n Kindy pun nyampe di air terjun sesaat kemudian anak2 lewat dengan kencangnya sampe2 suara kami tak terdengar saat memanggil mereka akhirnya setelah ambil foto dikit di air terjun kami langsung nyusul anak2..

Kindy n waterfall

Waterfall

Setelah aku n Kindy naympe pos ternyata mereka berdua g ad..tanya pak posko juga g tahu lagian g ada sinyal jadi anak2 juga g bs di hubngi akhirnya kita putuskan cari sinyal di kota Bondowoso saja yang jaraknya 2 jam lagi dari Ijen kami kira mungkin anak2 juga langsung ke kota…Sekitar jm 5 kita nyampe Bondowoso akhirnya kita telepon ternyata masih ada di daerah kawasan ijen tpi sudah keluar jadi ad sinyal terpaksa dech aku ma Kindy nunggu dikota Bondowoso sekitar satu jam lebih sambil liat Carnaval yang kebetulan acaranya hati itu…Sebelum isya sekitar setengah 7an kita setim akhirnya bertemu dan langsung melanjutkan perjalanan pulang. Sampai jm setengah9 di daerah paiton akhirnya disitu kita ngopi n istirahat sambil cerita kejadian tunggu menunggu di Ijen itu…

Saat ngopi di Paiton

G sengaja ke foto

Akhirnya meneruskan cerita Sando, Suehel dan Hilmy saat tersesat dan memaksa saya n Kindy menunggu di Bondowoso…Ternyata ada yang salah informasi n ngeyel Hilmy tersangkanya!ha2…hilmy bilang bahwa saya n Kindy pergi ke air terjun yang jaraknya 1jam lebih dari pos awl masuk ijen padahal Sando n Suehel sudah Feeling ke air terjun yang Tom n Kindy kunjungi karena memang dari awal naik ke Ijen memang sudah  bilang…Akhirnya mereka ber3 pun kesasar ke air terjun yang lainnya sebelum terlampau jauh akhirnya mereka pun balik ke pos awal masuk ijen dan bertanya  apakah motor Pulsar200 si Tom udah lewat pak posko pun bilang belum akhirnyapun orang 3 makin bimbang?n memutuskan kembali ke kota Bondowoso(padahal saat itu saya n Kindy udah nyampe kota Bondowoso)disitulh hp berbunyi dan akhirnya bisa terhubung sinyal hpnya…n ketemu dech….ha2…!Akhirnya setelah ngopi di Paiton akhirnya kami langsung pulang ke Home base Tom di Sidoarjo n nyampe sekitar jm11lebih   malem

Catatan: Sekedar catatan bagi anggota SUETO lainnya sebaiknya dalam perjalanan salah satu individu jangan sok tahu dan kalau ada info harap dikonfirmasikan bersama agar yang lainnya tahu…Sebab mengurangi kejadian2 yang tidak diinginkan seperti hilang, tersesat, slah informasi, dan membingungkan satu sama lain bisa menimbulkan konfrontasi dalam tim…!ha2…yang penting perjalanan seru n extremelah..

Perjalanan juga ditempuh 2 hari 1 malem dari jam 9 malam sampai balik pulang hari besoknya jm setengah 12an nonstop tanpa adanya istirahat tetap ditempat hanya mampir di warung2 atau tempat yang layak dibuat istirahat.

Mau promo travelnya bisa mampir ke link ini https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/