ww

Balekambang Beach

Yoi salam wildlife kali kami Sueto touring mengunjungi sebuah pantai di selatan Pulau Jawa tepatnya di daerah Kabupaten Malang its place The  Balekambang Beach 2010..Secara posisi Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, 65 km arah ke selatang dari kota Malang. Kita bisa lewat 2 jalur dari kota Malang yaitu lewat Malang kota-Pakisaji-Kepanjen-Pagak-Bantur-Balekambang(jika kita dari arah blitar lebih dekat lewat kepanjen) Jalur 2 melewati Malang kota-Pakisaji-Kepanjen-Godanglegi-Pagelaran-Bantur(jalurnya lebih  besar dan bagus) kedua jalur akan dilanjutkan menuju ke desa Srigonco

Balekambang Map

Balekambang sendiri merupakan pantai di selatan Pulau Jawa, terletak di kecamatan Bantur, kurang lebih 65 km ke arah selatan Kota Malang. Pantai ini memiliki bentang karang sejauh 2.000 m dengan lebar sekitar 200 m. Pasir putih di sana membentang sepanjang 800 m dan dibatasi oleh 2 tebing di kanan kirinya.

Di pantai ini terdapat 3 pulau kecil. Pulau-pulau ini terletak sekitar 100 m dari bibir pantai sehingga menimbulkan pesona yang lain dan membuatnya layak masuk dalam daftar tempat berlibur yang mengasyikkan.
Ketiga pulau kecil itu masing-masing diberi nama. Pulau-pulau kecil ini diberi nama Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Untuk sampai di pulau-pulau kecil ini, pengunjung bisa melewati jembatan selebar 1 m yang menghubungkan pantai ke Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Dari jembatan inilah Anda bisa dengan mudah menikmati dan menjelajahi keindahan yang ditawarkan pulau-pulau kecil itu.

Tapi sayangnya, jembatan yang utuh cuma jembatan yang menghubungkan pantai dengan Pulau Ismoyo. Di atas pulau Ismoyo inilah dibangun sebuah pura, sangat indah dan megah. Pura yang kemudian diberi nama Pura Ismoyo ini diresmikan pada Oktober 1985. Jika air sedang pasang, akan terlihat pulau yang dengan puranya yang indah mengambang di atas air. Itu pula yang membuat pantai ini kemudian diberi nama Balekambang.

Dan di pura inilah berbagai acara upacara sakral Jalanidhi Puja digelar setiap tahunnya. Masyarakat setempat juga menggelar upacara adat tahunan seperti Suroan yang banyak menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menyaksikan bahkan mengikutinya.

Sementara di kawasan pantai yang berdekatan dengan Pulau Anoman, terdapat pula hutan konversi. Namun untuk memasuki kawasan ini, pengunjung akan dikenai karcis tanda masuk lagi.

Kami berangkat dari Sidoarjo beranggotakan 4orang 2 sepeda motor…Tom, Marta, Kindy dan Cimen….sebenarnya kami sebelum ke Balekambang mampir dulu ke Pantai sebelah yaitu Kondang Merak(yang akan dibahas di info blog berikutnya)sampai Balekambang kita sorean sekitar setengah 5an trus byar tiket masuk..

Hmmm Balekambang pantainya lumayan…bagus pasirnya putih ternyata waktu itu kita kesana rame juga banyak wisatawan mungkin soalnya kita dateng waktu liburan tanggal merah….Terdapat pula fasilitas camping ground, kios cinderamata, rumah makan, kantor informasi, bungalow sangat sedeharna, mushola, dan pendopo. Sayangnya semua ini tidak dirawat dengan baik terutama kebersihan yang kurang dijaga. Sayang ya, padahal untuk akses masuk perOrang Rp. 5,200,- dan setiap masuk MCK ada juga retribusi Rp. 500,-,…kita pun langsung menuju tempat palink pojok untuk memakir sepeda motor untuk foto2…kamipun mengambil foto deket pura biar kayak di Tanah Lot Bali gtooo…ha2..

4 people of the moment

Reaction for Camera

Cimen is a sorrow

Kindy or KYT

Foto lagi

Surut…….

Reruntuhan jembatan

Memandang langit dikala senja

Kindy Cimen kayaknya bukan kakak adik

Setelah puas foto2 dikarenakan juga hari sudah menjelang senja kamipun bersiap pulang ke Surabaya..Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan karena memang keterbatasan waktu….he2 pokoknya lindungilah alam Indonesia ini karena masih banyak tempat2 bagus di Indonesia khususnya Puau Jawa….!Sip!