Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, BlackBerry pun ingin coba merambah ke dunia tablet PC. Dan kalau dulu masih sebatas isu, sekarang sudah ada pengumuman resminya meski belum dirilis. Bukan BlackPad seperti yang sudah santer digosipkan, tapi namanya BlackBerry Playbook.

Dari segi ukuran, tablet yang satu ini berukuran lebih kecil dibanding tablet yang sudah menjadi fenomena beberapa waktu belakangan ini, iPad, hanya sekitar 130 x 194 x 10 mm dan memiliki berat 400 g, atau sekitar 7 inci. Dari segi operating systemnya, PlayBook nggak akan memakai OS besutan BlackBerry yang terbaru 6 OS, tapi sebuah BlackBerry Tablet OS yang dikembangkan oleh QNX Technology. Yang pasti, OS ini jauh lebih baik ketimbang OS 6.

Dengan OS yang mumpuni, prosesor yang digunakan juga nggak kalah yahud, prosesor Dual-Core 1 GB dan juga didukung dengan RAM 1 GB. Artinya, dengan prosesor dan RAM seperti itu, PlayBook sudan bisa memutar video dengan format full HD. Ada juga fasilitas-fasilitas seperti Dual Camera. Terletak di bagian depan dan belakang  dan sama-sama beresolusi tinggi. Bagian depan 3 MP dan belakang 5 MP.

Tentu saja PlayBook berintegrasi dengan BlackBerry kepunyaan kamu, dengan koneksi Bluetooth semua yang ada di BlackBerry kamu bisa di transfer ke PlayBook, begitu juga sebaliknya. Selain Bluetooth, koneksi yang tersedia ada MicroUSB, Micro HDMI dan Wi-Fi 802.11a/b/g/h. Meski sudah resmi diumumkan, BlackBerry belum memberi bocoran soal harga, tapi kabarnya akan dirilis awal tahun depan. Berminat? Sabar-sabar dulu yah!