logo SNI emboss

SNI bukan sekedar logo loh. Jangan sampai deh, hanya karena helm yang kita pakai berlogo SNI terus kita jadi aman. Soalnya ternyata, banyak beredar helm SNI palsu yang hanya memajang logo tapi gak berkualitas.

Hey, kita kan beli safety bukan stiker. Makanya kalau mau cari helm perlu kita perhatika beberapa hal berikut:

1.      Cek harganya. Helm SNI asli enggak ada yang berharga di bawah Rp50.000. Bahan-bahan untuk membuat helm berkualitas ini diimpor dari luar, jadi enggak mungkin dijual dengan harga murah.

2.      Cek bagian tali. Kalau bagian ini hanya ditempel dengan paku dan tanpa braket, maka bisa dipastikan itu helm SNI palsu. Jangan lupa cek juga bagian soket (yang ditempel di dagu), kalau terbuat dari plastik, mending cari yang lain.

3.      Sebenarnya, helm SNI palsu tuh bisa dilihat dengan mata telanjang loh. Coba deh pegang dan perhatiin kalau terasa ringan dan ringkih, itu pasti palsu. Helm yang baik bakalan enak dan mantap dipegang. Rada berat tapi kuat.

4.      Lihat juga bagian logo. Pada helm SNI yang asli, biasanya logo SNI-nya enggak hanya ditempel, tapi juga di-emboss. Jadi perhatiin baik-baik, kalau ada helm dengan stiker SNI tapi enggak ada logo emboss-nya, itu udah pasti palsu.

5.      Yang paling penting sih, mending beli helm SNI di toko-toko yang bisa diminta pertanggung jawaban. Jangan beli di pinggir jalan apalagi di kaki lima, karena bisa jadi helm yang mereka jual itu palsu.