TOKYO  Ingin bikin mobil konsep dalam satu menit? Teknologi yang baru saja dikembangkan oleh Teijin ini akan sangat membantu. Pasalnya, dengan menggunakan carbon fiber reinforced plastic termoplastik dan pres (mesin cetak), proses hanya berlangsung satu menit. Demikian dijelaskan oleh perusahaan asal Jepang tersebut minggu lalu.

Teijin pun memperlihatkan rangka bodi yang disebut “white body” seukuran kendaraan kecil dan dibuat dengan proses carbon fiber reinforced plastic (CFRP) termoplastik. Contoh rangka kabin ini sudah dipasangi motor listrik, suspensi, jok, dan ban dan bisa dikebut 60 kpj. Hebatnya lagi, beratnya hanya 47 kg atau seperlima bobot rangka kabin yang dibuat dari pelat. Jumlah komponen juga tidak banyak, hanya 20 benda!

Komponen massal
Dijelaskan pula, teknologi baru ini tidak hanya untuk membuat rangka kabin, tetapi juga komponen mobil lainnya. “Terutama komponen yang harus diproduksi secara massal dan butuh waktu cepat,” urai perusahaan tersebut dalam rilisnya. Teknologi ini menggabung proses cetak injeksi (injection molding) CFRP termoplastik dengan cetak tekan (press molding).

Jenis resin lain, yaitu polypropylene (PP) dan polyamide (PA), juga bisa digunakan. Komponen pada contoh model rangka bodi mobil yang diperlihatkan Teijin dibuat dari PP dan PA yang dibentuk dengan cetak tekan dan cetak injeksi.

Pada cetak tekan, material diproses dengan mencampurkan serat karbon bersama resin termoplastik. Untuk ini, digunakan dua cara. Pertama, material dasar disusun searah untuk membuatnya sangat kuat pada arah terbatas. Cara kedua, bahan dasar isotropik, kekuatan yang dihasilkan sama pada semua arah dan membuat bahan mudah ditekuk untuk berbagai bentuk.

Proses cetakan injeksi mencakup penggunaan serat panjang berisi pelet (long thermoplastic pelletatau LTP) yang digunakan untuk proses terhadap material. Kendati kekuatannya tidak sekuat bila dibuat dengan cetak tekan, LTP cocok untuk membuat komponen dengan bentuk rumit seperti sambungan. Bahkan proses itu bisa dilakukan dengan menggunakan mesin cetak injeksi yang ada sekarang.

Untuk sambungan CFRP, Teijin masih menggunakan kelim (rivet) metal untuk protipe rangka bodi yang mereka buat. Nantinya akan dikembangkan teknologi sambungan agar proses pembuatan komponen lebih cepat lagi, di bawah satu menit.

Untuk yang terakhir, proses tidak dijelaskan secara detail. Teijin hanya mengatakan, itu sama dengan pengerjaan menggunakan las alias tidak menggunakan lem sama sekali. Cara ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan bahan berbeda, misalnya CFRP dengan logam. Selain untuk komponen mobil, proses tersebut juga bisa dipakai untuk membuat komponen perkakas dan robot.