Sudah lama memang kabar mengenai Sony juga ikut persaingan Tablet PC beredar. Tapi kini sudah menjadi kenyataan dan tablet PC yang mereka rilis bahkan ada dua! Keduanya bernama Sony S1 dan S2. Meskipun terkesan terlambat dalam persaingan tablet PC, tapi Sony menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding tablet PC lainnya.

Dimulai dari sistem operasinya, keduanya memakai OS Android 3.0 Honeycomb dan menggunakan prosesor NVIDIA Tegra 2. Keduanya juga didukung oleh layanan WiFi dan 3G/4G compatible yang bisa terhubung ke layanan komputasi awan dari Sony yang merupakan perpustakaan online yang banyak berisi film layar lebar, musik digital, dan yang paling disukai kebanyak orang adalah ada game Sony PlayStation yang telah siap dihadirkan di tablet tersebut.

Pada S1, desainnya memang tidak berbeda dibanding tablet lainnya, berukuran 9,4 inch dan memiliki kamera di bagian depan dan belakang. Kelebihan dari S1 adalah kemampuannya untuk menjadi remote univeral berkat fitur DLNA nya. Dengan fitur ini kamu bisa menjadi S1 sebagai remote untuk untuk berbagai perangkat audio video, terutama produk Sony.

Sedangkan S2, desainnya menyerupai Nintendo DS tetapi dengan sedikit goresan melengkung yang membuatnya tampak lebih elegan. Dua buah layarnya berukuran 5,5 inch dan berseolusi 1024×480 pixel. Sony S2 benar-benar nyaman untuk dipakai membaca ataupun bekerja sehari-hari.

Belum pernah ada sebelumnya, tablet dengan dual screen seperti S2. Kedua layarnya bisa difungsikan berbeda, ketika menjalankan game misalnya, satu layar untuk tampilan permainan dan satu layar lainnya menampilkan tombol kontrolnya.

“Tablet Sony memberikan pengalaman hiburan dimana pengguna dapat menikmati layanan berbasis cloud saat bepergian setiap saat. Kami bertujuan untuk menciptakan gaya hidup baru dengan mengintegrasikan perangkat keras konsumen, meliputi Sony Tablet dengan konten dan jaringan,” kata wakil presiden produk jaringan dan layanan group Sony Corp, Kunimasa Suzuki.

“Saya sangat gembira tentang Sony Tablet karena akan lebih memacu pengembangan aplikasi dan penawaran jaringan yang sedang dicari pengguna,” kata Andy Rubin, Senior Vice President, Mobile, Google Inc.

Sony menyatakan tetap berkomitmen untuk memperkuat merek VAIO, notebook andalannya, dan memperkenalkan produk-produk yang menarik yang menawarkan proporsi nilai baru ke pasar.

Sementara ini, bocoran harga yang beredar berada di kisaran Rp. 7 jutaan untuk masing-masing tablet dan akan beredar di pasaran pertengahan tahun ini. Semoga benar-benar murah untuk ukuran tablet PC di kelasnya ini.

Spesifikasi Sony S1:

  • 9.4 inch display
  • NVIDIA Tegra 2 dual core processor
  • Infrared port lets you use the tablet as a remote control for Sony media devices
  • Front and rear cameras
  • DLNA support for streaming media from the tablet to other devices on your home network
  • Off-center, wedge-style design which Sony says makes the S1 easier to hold

Spesifikasi Sony S2:

  • Two 5.5 inch displays which can be used together as one screen, or to display separate apps
  • Each screen has a resolution of 1024 x 480 pixels
  • Folds up into a cylinder for easy storage
  • NVIDIA Tegra 2 dual core processor