Weeerrrrr???dinginnya tidur di pantai teleng ria ini…udah malam2 ada orang yang bingung nyari WC lagi..ha2.

Wisata pantai Teleng Ria adalah pantai terdekat dari Pacitan, adalah sekitar 5 menit dari kota.Pantai ini dihadapkan kepada ‘di Pantai Selatan’ dengan luas pasir putih panjang sekitar 3 km. Jarak dari Ibukota Kabupaten Pacitan ke lokasi hanya 3,5 km, dan mudah dicapai dengan berbagai kendaraan.

Pantai Teleng Ria memang menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan untuk berenang dan juga untuk piknik bersama keluarga.Memiliki pasir putih dan panorama yang indah dijaga oleh gunung limo.

Berbagai fasilitas pendukung yang telah dibangun; Watch Tower untuk menikmati gelombang laut selatan, kolam renang dan taman bermain, sebuah panggung untuk acara budaya untuk Bonggo Budoyo dan area berkemah, daerah penangkapan, hotel, dan makanan tradisional Pacitan. Di pantai ini juga terdapat  Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar.

Kemudian paginya kami  terbangundan langsung bergegas prepare menuju gua gong nih sarapan dulu ah..perjalanan dari kota Pacitan sekitar 30 Km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan transportasi darat. Gua Gong terletak di daerah perbukitan, di desa Bomo, Kecamatan Punung.

Dari gu gong kami kepagian jadi belum buka..sambil menunggu loket buka yang belum mandi mandi deh…setelah loket buka htm nya seharga rp 7000,-saja kalau mau menyewa center rp 3000,- kalau mau menyewa guide untuk memasuki Gua Gong,ya sudah tersedia disamping mereka sudah mengenal daerah didalam gua, kita juga dapat mengetahui sejarah Gua Gong dengan harga seikhlasnya. Tetapi kami waktu itu g menyewa soalnya juga sebelumnya juga sudah pernah kesini kalau masalah peralatan mah sueto tim cukup lengkap..

Didalam Gua Gong, terdapat lampu berwarna-warni, merah, hijau, kuning, biru cukup membuat jelas pandangan. Didalam Gua juga terdapat kipas angin berukuran besar untuk mengantisipasi panas di dalam gua, sehingga udara dalam gua tidak pengap dan terdapat 7 titik pemberhentian untuk kita beristirahat.

Gua Gong memiliki kedalaman sekitar 256 m dan mempunyai 5 buah sendang, yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, sendang Kamulyan, dan sendang Ralung Nisto yang kono memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit.
Sendang adalah kolam yang biasanya terletak di pegunungan, yang airnya berasal dari mata air didalam kolam tersebut.

Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin.

Masih di gua gong setelah foto2 perjalanan masih diteruskan memasuki lorong-lorong. Menembus di antara stalagmit dan stalagtit. Membentuk tiang-tiang tinggi penyangga lorong, mengukuhkan keberadaan mereka di sana. Diselang-selingi dengan tirai tipis batuan, menimbulkan kekaguman saat mencoba mengetuknya. Terdengar suara berdengung, yang menggema di seantero lorong. Rupanya inilah sebab mengapa gua ini disebut Gong. Karena tiap kita memukul bagian ornamen di dalamnya, akan terdengar suara berdegung, mirip suara yang dihasilkan gong gamelan kesenian khas Jawa.

Setelah keluar gua kami langsung menuju pantai Klayar memang tempat ini yang ditunggu-tunggu makanya kami pingin lama-lama di Klayar lanjut saja ke Tour de Pacitan(Part4 Klayar Beach).

Nah didekat gua gong ini juga ada wisata gua lain yang patut dikunjungi yaitu gua Tabuhan..Gua Tabuhan ini 40km dari kota Pacitan..Gua yang berada di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung ini termasuk salah satu situs peninggalan sejarah penting dan disinyalir sebagai salah satu gua hunian kering manusia purba. Hasil penelitian membuktikan bahwa gua ini telah dihuni manusia purba sejak 50 ribu tahun yang lalu. Terdapat jejak bengkel alat batu dari masa 10 ribu tahun yang lalu, temuan moluska, dan bahkan fosil gigi manusia yang masih menempel pada dinding gua. Tapi karena  langsung menuju ke Klayar jadi Sueto tim g sempet mampir ke gua Tabuhan…Next Trip..

Mau promo travelnya bisa mampir ke link ini https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/

Iklan