Yapp…setelah mampir ke Gua Gong perjalanan Sueto tim diteruskan langsung menuju pantai Klayar…Pantai Klayar ini kurang lebih jaraknya 45km dari kota Pacitan berada di kecamatan Donorejo keluar dari perempatan gua gong pas diperempatan belok kiri langsung ikuti jalan kira2 10km lah dari gua gong…Kalau dari arah Yogya jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 110 km, dengan rute Jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam.

Saya kaget melihat jalannya ternyata sampai Klayar sudah mulus dalam setahun ini cepat sekali perkembangannya..Jalan dari arah Watukarung juga sudal mulus beralaskan aspal padahal waktu tahun kemaren  jalan masih makadam dengan medan yang termasuk berat mobilpun susah lewat sekarang mobil sekelas sedanpun bisa sampai ke pantai Klayar..

Tiket masuk pantai ini cmn Rp3500,- per orang kalau Untuk masuk ke pakai motor dikenakan tarif sekitar Rp 6.000,- (satu motor plus dua orang)setelah masuk pantai memang pantai ini benar-benar indah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata…ha2…kami langsung parkirkan motor dan langsung berfoto-foto serasa tidak kenal lelah…selesai foto di bibir pantai kami menuju ujung pantai setelah ujung pantai kami  naik ke bukit karang di sebelah kanan dan menikmati pemandangan landscape Klayar yang indah dari sebuah gardu pandang. Ternyata dari sini keren sekali pemandangannya diatas sini juga ada warung yang menyediakan makanan es degan juga ada.

Spot foto dipantai Klayar sangat banyak jadi mumpung sekalian disini harus banyak yang di explore…Karena hari sudah agak siangan dan mulai panas kami istirahat di pendopo atas sebentar sampai sorean terus turun menuju spot pantai yang mengarah ke timur di sini ada spot lagi yaitu Seruling Laut, Batu Sphinx, dan Karang Bolong.

Selesai istirahat kami langsung turun menuju bagian timur pantai Klayar melewati sebuah muara kecil yang membelah pantai setelah itu main kartu sebentar kemudian diteruskan lagi deh foto2 di spot timur..

Di ujung timur  Sueto tim  disapa oleh sebuah laguna yang jelita. Diapit 2 gugusan batu karang, laguna ini terlihat indah dengan gulungan ombak jernih yang menghantam dinding karang dan kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih. Laguna kecil ini memang mempesona dan membuat betah berlama-lama duduk santai memandangnya. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik.  Menjelajahi area karang di belakangnya, terlihat beberapa lubang kecil berisi air yang nampaknya menjadi rumah bagi kepiting-kepiting kecil. Nun jauh di sebelah kanan, nampak bukit karang dengan terowongan alami di bawahnya

Terus spot batu-batuan karang disini juga mirip patung sphinx yang dari mesir itu sekilas memang terlihat seperti itu..ha2..Penasaran dengan gebros(Sebutan kalau di pantai Jogring Saloko Malang Jatim) di Pantai Klayar ini namanya Seruling Laut sebuah fenomena alam luar biasa. Ada sebuah celah di batu karang ini. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan makanya sering disebut sebagai seruling laut dan dasyatnya kalau sore hari air mancur ini terkena bias matahari muncul pelangi jadi terlihat semakin indah fenomena alam ini….kami mencoba berfoto dengan fenomena Seruling Laut akhirnya basah semua tapi keren emang..Biuuuhh sampai merasa capek kami baru pulang setelah ishoma dulu…

Soal fasilitas di pantai Klayar(Klayar Kluyur yang artinya jalan-jalan) ini fasilitas seperti warung makan minum ada, WC kamar mandi juga ada, mushola ada yang belum ada penginapan, transportasi umum, sinyal hp atau internet dan listrik…Hmm satu lagi bisa dibuat tempat camping yang asik..

Kali ini Sueto Tim tidak kembali pulang lewat Arjosari karena dikarenakan hari yang sudah gelap malas jalannya jelek soalnya makanya kami pilih jalan yang aman dan bagus dari Donorejo Pacitan langsung Wonogiri saja terus istirahat di akringan solo kemudian bablas Surabaya deh…Sekian perjalana Sueto Tour de Pacitan tunggu saja perjalanan menarik lainnya..

Berikut video pantai Klayar sebagai referensinya

Mau promo travelnya bisa mampir ke link ini https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/