1. Mendirikan Tenda– Tenda merupakan peralatan penting ketika melakukan kegiatan perkemahan. Terdapat berbagai jenis tenda, seperti tenda kubah, tenda piramida, dan tenda prisma. Kita perlu keterampilan untuk mendirikan tenda.
Berikut ini beberapa tips pendirian tenda;
1. Carilah lahan yang datar untuk mendirikan tenda
2. Persiapkan peralatan tenda seperti pasak, tiang, tali dan sebagainya
3. Mendirikan tenda dilakukan bersama-sama
Tenda yang biasa digunakan untuk kegiatan perkemahan adalah tenda jenis prisma. Untuk mendirikan tenda ini perlu kerja sama kelompok. Hal ini akan memudahkan dalam mendirikan tenda.
Berikut ini beberapa petunjuk dalam mendirikan tenda;
1. Siapkan tenda, tiang, tali, patok dan perlengkapan lainnya
2. Letakkan tenda dengan punggungnya berada di atas
3. Pasang satu tiang tenda
4. Pasang pula patok-patok tenda pada setiap sudut
5. Tegakkan tiang tenda dan segera ikatkan tali pada patok
6. Pasang tiang depan kemudian tegakkan, jangan lupa segera ikat dengan tali pada patok
7. Ikat tali-tali sudut tenda pada patok-patok
8. Berhati-hatilah ketika memasukkan tiang pada lubang atap tenda.
Ternyata mendirikan tenda mudah kan!
Demikian tips dan petunjuk mendirikan tenda, moga bermanfaat dan selamat mencoba.

2. Ada beberapa jenis tenda misalnya tenda camping, tenda cafe,Tenda Pleton, dsb.Berikut beberapa tips memilih tenda, khususnya untuk kegiatan outdoor:

1. Tentukan tenda jenis apa yang kamu perlukan dan perkirakan berapa kapasitas yang dibutuhkan.

2. Cari bahan tenda terpal dengan bahan nylon pada bagian luarnya dan berbahan katun pada bagian dalamnya.

3. Usahakan lapisan luar dan dalam tenda mempunyai jarak terpisah yang jauh.

4. Carilah tenda yang mempunyai serambi pada bagian muka.

5. Carilah tenda yang memiliki dua pintu pada bagian sisinya.

6. Gunakan pasak tenda yang ringan dan kuat. Jangan lupa juga pilih tempat sewa tenda atau jual tenda yang menyediakan sesuai kebutuhan Anda.

Tips mencari tempat untuk mendirikan tenda:

0. Dirikan tenda dengan segala persiapan untuk menghadapi cuca buruk.meskipun saat anda mendirikan tenda cuaca sedang bersahabat.
1. Tentukah arah mata angin, dan jangan taruh pintu Tenda Pleton berlawanan arah datang angin.
2. Buat sistem saluran air yang baik di sekeliling tenda.
3. Hindarkan berkemah atau menggunakan terpal di pinggir sungai, karena selain berisik dan banyak binatang juga bisa berbahaya bila tiba-tiba air sungai meluap.
4. Usahakan tenda tetap dalam kondisi bersih, karena kita pasti ingin tempat istirahat yang nyaman.
5. Taruh kantung tempat tenda terpal, pasak sisa dan tempatnya di bagian dalam tenda, jadi bila pagi kita mencarinya akan mudah diketemukan.

6. Agar suhu di dalam tenda dapat terasa hangat,dirikan lah tenda di tempat yang terlindung dari henbusan angin kencang.tapi jika keadaan tenda terasa panas maka kita bisa mendirikan tenda dengan pintu yang searah dengan arah angin agar sirkulasi udar lebih nyaman dan keadaan tenda tidak terlalu pengap dan lembab.

7. Jika kita mendirikan tenda di daerah pantai serta di dataran tinggi yang terbuka dan berbatu, dan biasanya didaerah daerah di atas merupakan tempat yang cuaca sangat tidak mudah di tebak.maka hindari menggunakan tenda yang bentuknya terlalu banyak menangkap angin.jika terlanjur maka persiapkan tali pengencang tenda pada pasak yang di tancapkan dengan kuat.jika perlu menambah nya dengan menindih pasak dengan batu yang cukup berat.

8. Jangan mendirikan tenda di bawah pohon yang lapuk atau mudah patah.khawatir kejatohan saat kita tidur.

9. Antisipasi : buat parit di sekeliling tenda, tebarkan garam, buat api unggun dll.

Saat ini  tenda dome dikenal  untuk berkemah dan lebih familiar , berbahan parachut nylon dan fiber frame sebagai tiang penyangganya, dan memakai alas digunakan untuk tempat berlindung alias berkemah pada saat berlibur diluar rumah & tinggal beberapa hari dialam bebas. Tenda ini tidak tembus air, sehingga tidak khawatir membawanya & terkena hujan.

Harga Tenda dome bervariasi, ada yang baru tapi ada juga yang dijual second, bagi mereka yang punya dana banyak dapat membeli yang baru, tetapi bagi yang keuangannya pas-pasan dapat membeli yang second, kwalitas masih dijamin, tetapi untuk membeli yang second, perhatikan dengan seksama, apakah bahannya parasut, apakah ada tiang penyangganya, apakah ada yang koyak, bagaimana alasnya, maka dari itu sebelum deal untuk beli pasang tenda dome ini, dan teliti sebelum kekurangannya, atau kalau tidak bawalah teman kita yang mengerti dunia pertendaan, terutama tenda dome ini.