Honda/Acura NSX, supercar buatan Honda pernah punya nama besar di era 90-an. Menjadi satu-satunya supercar dari Jepang era itu, Honda/Acura NSX menjadi alternative yang patut diperhitungkan selain supercar buatan Jerman, Italia, Inggris maupun Amerika Serikat.

acura nsx front side view 2011 Honda Acura NSX V10 Specs and Review

Namun waktu terus berlalu hingga tiba saatnya Honda menghentikan produksi NSX tahun 2005 setelah 14 tahun eksistensinya. Sejak saat itu kabar kelanjutan supercar ini seperti tertelan kabut. Sejumlah rumor terus bermunculan. Apalagi ketika krisis ekonomi dunia menerpa di tahun 2008, kabar tentang Acura makin tenggelam setelah President Honda saat itu Takeo Fukui menghentikan proyek pengembangan Honda NSX baru untuk menghemat pengeluaran.

Namun waktu terus berlalu hingga tiba saatnya Honda menghentikan produksi NSX tahun 2005 setelah 14 tahun eksistensinya. Sejak saat itu kabar kelanjutan supercar ini seperti tertelan kabut. Sejumlah rumor terus bermunculan. Apalagi ketika krisis ekonomi dunia menerpa di tahun 2008, kabar tentang Acura makin tenggelam setelah President Honda saat itu Takeo Fukui menghentikan proyek pengembangan Honda NSX baru untuk menghemat pengeluaran.

“Kami kini berada di titik dimana kami bisa mempertimbangkan generasi mendatang dari mobil-mobil listrik dan hybrid,” katanya kepada majalah otomotif Inggris Autocar. “President Takanobu Ito sudah menyebutkan NSX baru, dan kami mulai memperhatikan itu di R&D Dept. Ini akan menjadi proyek yang menarik –kendaraan hybrid dan listrik akan sangat menyenang sekaligus ekonomis. Lebih dari itu saya tidak mengatakan lagi.”

Diperkirakan Honda akan memamerkan mobil konsep yang akan mengalami NSX masa depan di Tokyo Motor Show, bulan November 2011 dan versi produksinya kemungkinan di rilis 2012. Spekulasi yang beredar, Honda akan menggunakan hybrid seperti pada CR-Z namun ini pada tataran supercar.

Sebelumnya Takanobu Ito sudah mengumumkan rencananya untuk kembali mengembangkan supercar ini saat memberikan sambutan di anjungan Honda di Shanghai Auto Show, April 2011 lalu seperti dilaporkan carscoop.

Ito menegaskan saat itu, mobil baru itu tidak akan menggunakan mesin V10 seperti yang direncanakan semula. Saat itu Ito menjelaskan bahwa NSX baru nantinya akan sangat menyenangkan di kendarai namun ramah lingkungan. “Itu jenis sports car yang ingin kami buat. Kami bekerja sangat keras di situ,” kata Ito.

Rencana semula penerus NSX akan menggunakan mesin V10 yang dipasang di depan dan mampu memproduksi daya maksimal 500hp. Mesin ini tidak pernah sampai ke versi produksi. Namun akhirnya dipakai di sirkuit balap oleh Honda HSV-010 GT beberapa tahun silam, yang dibangun mengacu pada kesuksesan NSX. Namun badai krisis keuangan yang menerpa dunia termasuk Honda, membuat mega proyek HSV-010GT terhenti. Saat itu bersamaan pula dengan absennya Honda dalam ajang kompetisi F1 dan Japanese Super GT series. Mobil balap racing variant dari NSX V10 karena krisis ekonomi akhirnya juga tidak pernah diproduksi menjadi mobil masal.

acura nsx front angle view 2011 Honda Acura NSX V10 Specs and Review

Pada awalnya Honda NSX orisinil menggunakan mesin V6 yang dipasang di tengah dan mampu memproduksi 270hp dengan manual gearbox 5 MT. Salah satu mobil terbaik yang pernah dibuat Honda ini menjadi pionir teknologi VTEC yang kemudian berkembang menjadi i-VTEC yang dipakai di mobil-mobil Honda produksi massal.

Dan satu tahun lagi, bapalan SuperGT di Jepang mengijinkan mobil balap berteknologi hybrid untuk turun berlaga. Kesempatan ini dipakai para peserta untuk mempersiapkan diri, namun Honda terlihat paling maju.

Honda memakai kesempatan ini untuk menghidupkan kembali supercar Honda NSX  baru yang disampaikan oleh Presiden dan CEO Honda Motor Co Takanobu Ito di pameran Frankfurt Motor Show 2011, pada September bulan kemarin yang  berlangsung di Jerman.

Baru-baru ini mereka(Honda) terlihat sedang menguji NSX berteknologi hybrid di Twin Ring Montegi circuit. Mobil ini dipersiapkan untuk 2012 Super GT Series yang akan datang. Mobil ini mengaplikasikan teknologi KERS .( Kinetic Energy Recovery System ) buatan Zytek yang juga menggarap teknologi serupa untuk mobil Formula One tim McLaren.

System buatan Zytek terdiiri dari baterai dan sistem pendingin cair untuk menginginkan sistem hybrid. Sistem ini bisa memproduksi daya maksimal hingga 40kW dan fungsinya tidak hanya untuk memberi tenaga tambahan saat menyalip tapi juga untuk mengubah mobil jadi electric vehicle saat di pit lane.

Kelebihan lain adalah bateray bisa di charged dari kondisi tanpa arus sama sekali hingga full hanya dengan satu kali lintasan di sirkuit balap. KERS memanfaatkan energi rem yang diubah jadi listrik. Listrik ini yang disimpan di baterai. Full charge baterai bisa dipakai untuk memberi daya overtake button.

Menurut jurubicara Honda, berat total system sekitar 50kg. Baterai dan radiator yang mendinginkannya dipasang bagian belakang mobil. Mesin tetap dipasang di depan, berkapasaitas 3.4 liter V8 seperti mobil-mobil Honda GT500 yang lain. Namun bobot keseluruhan 100 kg lebih berat dibandingkan mobil GT500 yang lain.

Dalam pengujian di Twin Ring Montegi Honda melibatkan pembalap veteran Katsutomo Kaneishi sebagai test driver. Hasilnya, meskipun mobil lebih berat dari rata-rata mobil balap GT500, Kanesihi bisa mencetak kecepatan 1 min 50 detik pada hari kedua test yaitu 1 min. 49.468 sec, Ini artinya 4.453 detik dibelakang fastest time recorded musim ini yang dicetak ENEOS SC430.

Ini hasil yang sangat positif, meskipun masih baru tahap awal. Masih dibutuhkan pengembangan dan pengujian lebih lanjut sebelum system hybrid seperti ini benar-benar dipakai di kompetisi balap GT.

Pada tahap ini, belum jelas juga apakah pada 2012 nanti semunya mobil peserta akan dilengkapi KERS atau tidak. Pengembangan dan konsultasi dengan produsen dan peserta balapan akan terus dilakukan untuk memastikan waktu yang paling tepat.

Jadi bagi anda para penggila sportcar dan juga Honda mania, bersiaplah untuk menyambut datangnya sang legenda Honda NSX.

Video saat test drive

Iklan