Setelah hanya muncul dengan bocoran gambar saja, akhirnya penantian panjang para penggemar motor sport Honda berakhir. Seperti yang dilansir pada laman motorbeam.com, perusahaan manufaktur motor asal Jepang ini secara resmi merilis kehadiran 2012 CBR1000RR.

Peluncuran The New CBR1000RR ini bertepatan dengan peringatan 20 tahun motor sport kelas CBR yang diawali dengan kehadiran Honda CBR900RR pada 1992 silam  untuk CBR929RR di 2000, CBR954RR tahun 2003, dan akhirnya CBR1000RRpada tahun 2004.

2012 Honda CBR1000RR 7 pictures on 2012 Honda CBR 1000 RR

Saking istimewanya, motor sport Honda yang satu ini membawa nuansa baru dengan perubahan besar. Hal tersebut bisa dilihat dengan dilengkapinya CBR1000RR ini oleh garpu piston Showa yang baru dan berukuran besar, revisi pengaturan injeksi bahan bakar, hidung dan buntut motor yang baru,  double tube balance free rear shock yang dipatenkan, display multi fungsi (tachometer, transmisi, dan pencatat waktu per lap), serta roda dengan 12 jari-jari aluminium.

2012 Honda CBR1000RR 4 pictures on 2012 Honda CBR 1000 RR

Honda mengatakan: “Perubahan ke CBR1000RR untuk 2012 fokus pada penajamanapa yang bisa dibilang komponen yang paling penting dalam sepeda motor yang dirancang dan digunakan untuk olahraga yaitu performa pada kestabilan chassis. Memang, selama ini tenaga kuda atau horsepower selalu memegang atraksi sendiri dan CBR1000RR yang sebelumnya telah fokus di horsepower dan torsi menengah sesuai keinginan pecinta motorsport setelah semua, apa gunanya punya sepeda bertenaga besar tetapi susah dikontrol?Dengan CBR1000RR 2012 baru ini penunggangnya akan mendapatkan power ultraresponsif di putaran tengah sehingga dapat dengan mudah dikendalikan tentunya dengan kalkulasi gearbox yang verysmooth dari Honda sehingga memungkinkan sportbike seperti CBR1000 2012 ini bersinar didalam kemunculan versi barunya ini.

Honda juga menjelaskan sistem konfigurasi single-tube shock konvensional desain Balance-Free Rear Shocknya menggabungkan  desain double-tabung menampilkan tempat peredam plus silinder internal. Peredam pistonnya tidak tampak menampilkan katup apapun efeknya saat melakukan redaman minyak melewati celah komponen redaman yang terpisah. Sehingga menghasilkan redaman yang halus pada motor pada saat mentransfer gigi juga menahan hentakan motor saat berkompresi.

2012 Honda CBR1000RR 2 pictures on 2012 Honda CBR 1000 RR

Honda juga menambahkan konsep fairing berlapis yang membantu dalamaerodinamis dari 2012 Honda CBR1000RR. Konsep fairing didesain ulangmenciptakan “kantong udara besar masih di sekitar pengendara sementara jugamembantu menarik udara melalui sistem pendingin.” Para CBR1000RR ’12 juga dilengkapi dengan spoiler dagu terpadu yang tidak hanya menambah tampilan agresif, tetapi juga mengurangi angkat aerodinamis pada kecepatan tinggi.

2012 Honda CBR1000RR Fireblade Engine Specs

Sementara itu, pada bagian mesin, motor sport yang satu ini mengusung mesin DOHC dengan teknologi injeksi bahan bakar ganda berkapasitas 999cc, 6 percepatan transmisi, 4 silinder dengan pendingin cair, sehingga mampu menghasilkan tenaga 153 BHP pada 105 Nm torsi. Selain itu, motor ini memiliki sistem pengereman Honda Electronic Combine ABS yang mampu menghasilkan daya cengkram yang baik untuk menghentikan laju motor.

Sementara itu, The New Honda CBR1000RR ini tersedia dalam tiga pilihan warna yakni merah, hitam, dan putih. Untuk harga, Honda membanderol motor sport ini sebesar US$ 13,800 (Rp 124 jutaan) untuk model standar. Sedangkan untuk model ABS, Honda membanderol motor ini seharga US$ 14,800 (Rp 133 jutaan).

2012 Honda CBR 1000 RR Specs:

  • Model: CBR1000RR / CBR1000RR C-ABS
  • Engine Type: 999cc liquid-cooled inline four-cylinder
  • Bore and Stroke: 76mm x 55.1mm
  • Compression ratio: 12.3:1
  • Valve Train: DOHC; four valves per cylinder
  • Induction: Dual Stage Fuel Injection (DSFI)
  • Ignition: Computer-controlled digital transistorized with 3-D mapping
  • Transmission: Close-ratio six-speed
  • Final Drive: #530 O-ring-sealed chain
  • Suspension Front: 43mm inverted Big Piston Fork with spring preload, rebound and compression damping adjustability
  • Rear: Unit Pro-Link Balance-Free Rear Shock with spring preload, rebound and compression damping adjustability
  • Brakes Front: Dual radial-mounted four-piston calipers with full-floating 320mm discs
  • Rear: Single 220mm disc;
  • Optional Honda Electronic Combined ABS (CBR1000RR C-ABS)
  • Tires Front: 120/70ZR-17 radial
  • Rear: 190/50ZR-17 radial
  • Wheelbase: 55.5 inches
  • Rake (Caster Angle): 23° 3′
  • Trail: 96.0mm (3.8 inches)
  • Seat Height: 32.3 inches
  • Fuel Capacity: 4.7 gallons, including 1.06-gallon reserve
  • Estimated Fuel Economy: TBD
  • Curb Weight: 441 pounds (CBR1000RR) / 467 pounds (CBR1000RR C-ABS)

Berikut Review Videonya

Iklan