Vespa Quarantasei, in blue

Para penggemar skuter asal Italia, Vespa, kini bisa kembali bernostalgia. Pasalnya, Piaggio kembali membuat ulang generasi Vespa pertamanya yang lahir pada tahun 1946 silam.

Quarantasei sendiri melambangkan angka 46 yang menjadi tahun dimana Vespa mulai melakukan produksi skuter. Motor ini di desain di Vespa Pontedera Style Center. Garis desainnya tetap mengikuti bahasa desain yang selama ini selalu dipertahankan Vespa.

Skuter yang diberinama Quarantasei, dipamerkan dalam ajang di EICMA 2011, Milan, Italia. Ini adalah prototype modern skuter dengan desain klasik khas Vespa MP6

Dari segi desain, Quarantasei memadukan unsur klasik dan masa depan. Vespa Quarantasei lahir dengan garis desain yang terus melengkung dan membulat layaknya motor Vespa pada umumnya.Buritan bulat khas tawon tetap dipertahankan, begitu juga dengan desain lampu, spakbor dan pijakan kaki, yang sengaja dibuat mirip Vespa lawas. Lekukan khas Vespa tersebut dapat dilihat mulai dari bagian depan sayap, samping hingga ke belakang.

Namun, sentuhan futuristik terlihat dibagian jok, yang menjadikan skuter ini semakin elegan dan mewah.

Beralih ke dapur pacunya, Vespa 46 ini dipersenjatai mesin 4 tak, 125 cc satu silinder, lengkap dengan pendingin udara. Mesin yang sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 8,7 kW atau 11,7hp di 8.250 rpm. Sedang untuk versi 150 cc, diyakini mampu memiliki tenaga 9,7 kW atau setara dengan 13hp di 8.000 rpm.

Khusus untuk model ini Piaggio mengembangkan mesin 3 katup 4 stroke, berpendingin udara. Asyiknya lagi, skuter ini gak akan berhenti di concept, Vespa Quarantasei rencananya akan mulai diproduksi dan diniagakan ke pasar pada akhir tahun 2012.

Berikut Videonya