Latar Belakang IQ

Toyota iQ adalah mobil kota diperkenalkan di 2008 Geneva Auto Show, dengan penjualan di Jepang telah mulai pada bulan Oktober 2008 dan penjualan di Eropa pada Januari 2009. Produksi dasar konsep toyota IQ  mengikuti  kendaraan konsep yang disajikan pada Frankfurt Auto Show 2007. Sebuah versi Amerika Utara iQ, dicap sebagai Scion iQ, dijadwalkan untuk rilis diawal AS pada bulan Oktober 2011.

Nama IQ sendiri adalah penjabaran dari Intelligence Quotient yang mengingatkan pesaing akan kecerdasan motor kecil. Menurut Toyota, i singkatan inovasi “individualitas” “” dan “kecerdasan”,sedangkan Q singkatan dari “kualitas” dan menunjuk ke iQ “kubik bentuk” diisyaratkan itu adalah desain  mobil smart dari Jepang tahun 2008.

IQ didesain di Toyota Eropa Design dan Development (Toyota ED2) studio di Nice, Prancis.

Desain IQ menekankan konsumsi bahan bakar rendah, manuver, ramah lingkungan,dan ruang interior dimaksimalkan. Enam fitor minimalis Toyota IQ penempatan kaca depan yang minimalis, ruang kabin yang dimaksimalkan sehingga membentuk suatu interior yang compact,  Hal ini termasuk shift diferensial yang baru dikembangkan dan pusat take-off gigi kemudi, tangki bahan bakar flat dan  peredam kejut dibelakang sudut, unit pemanas /pendingin udara yang lebih kecil  dan dashboard asimetris, dan desain kursi ramping.

Engines

Model Type Power @ rpm torque CO2 emission (g/km)
Petrol engines
1.0 998 cc (60.9 cu in) I3 (1KR-FE) 68 PS (50 kW; 67 hp) @ 6000 98 N·m (72 ft·lbf) @ 4800 99 manual, 110 CVT
1.0 (Japan) 996 cc (60.8 cu in) I3 (1KR-FE) 68 PS (50 kW; 67 hp) @ 6000 98 N·m (72 ft·lbf) @ 4800 CVT: 101 in 10・15 mode, 112 in JC08 mode
1.33 1,329 cc (81.1 cu in) I4 (1NR-FE) 98 PS (72 kW; 97 hp) @ 6000 123 N·m (91 ft·lbf) @ 4400 113 manual, 120 CVT
1.3 (Japan) 1,329 cc (81.1 cu in) I4 (1NR-FE) 94 PS (69 kW; 93 hp) @ 6000 118 N·m (87 ft·lbf) @ 4400 CVT: 101 in 10・15 mode, 112 in JC08 mode
Diesel engines
1.4D 1,364 cc (83.2 cu in) I4 90 PS (66 kW; 89 hp) @ 3400 190 N·m (140 ft·lbf) @ 1800-3200 104 manual

Safety

IQ mencakup sembilan airbags, airbag depan ganda, airbag samping kursi depan-mount dada, airbag sisi tirai, penumpang kursi depan bantal airbag,pengemudi knee airbag dan belakang baru dikembangkan tirai airbag untuk melindungi kepala penumpang kursi belakang ‘dari tabrakan bagian belakang. Vehicle Stability Control, kontrol traksi, ABS, Brake-Assist, dan electronic Brakeforce Distribution sebagai standarisasi.

Konsep Pengembangan FT-EV

Toyota FT-EV konsep diresmikan pada Januari 2009 dan diperkenalkan dalam event  Detroit, American Utara  Auto International dengan konsep unik stylish.

Ini adalah kendaraan konsep baterai listrik dengan perkiraan kapasitas 50 mil (80km) untuk menjalakan 4 rotor roda dengan kondisi muatan penuh. Toyota memperkirakan bahwa pengisian akan memakan waktu sekitar delapan jam, tetapi waktu yang tepatakan tergantung pada sejumlah variabel. Toyota berencana untuk meluncurkan versi produksi dari FT-EV pada tahun 2012.

Pada waktu yang sama Nissan-EV menampilkan mobil konsep yang sama dengan sedikit keunggulan dari Toyota FT-EV generasi awal dari segi segi konsumsi bahan bakar  160km (99,4 mil) dari Toyota FT-EV 150km (93 miles).

Sehingga Toyota memunculkan Sebuah versi yang sedikit dimodifikasi ditunjukkan sebagai FT-EV II pada Oktober Show 2009 Tokyo Motor.

2010 Toyota FT-EV II Concept

2010 Toyota FT-EV II Concept Behind Display

Dengan teknologi baterai baru dan disain radikal yang belum pernah ada sebelumnya, mobil konsep ini menunjukkan bakal seperti apa mobil listrik kelak. Inilah visi Toyota terhadap kendaraan masa depan. FT-EV II sebenarnya penyempurnaan evolusioner dari FT-EV concept yang sudah ditampilkan di 2009 Detroit Auto Show. FT-EV II adalah cikal bakal city car bertenaga listrik masa depan.

FT- EV II lebih kecil dari model Toyota manapun, bahkan dibandingkan micro-car Toyota iQ (mobil empat penumpang terkecil di dunia). Dengan ukuran sekecil itu, FT-EV II masih bisa mengakomodasi empat orang dengan layout tiga plus satu, seperti Toyota iQ. Komposisinya tiga orang dewasa dan satu anak. Jika tidak dipakai, kursi anak juga bisa dirubah fungsinya jadi tempat barang. Kunci efisiensi ruang FT-EV II adalah penataan yang teliti dan berhati-hati soal penempatan baterai dan motor listrik. Hasilnya, ruang depan yang bisa dimanfaatkan untuk kompartemen penumpang.

Pintu geser memudahkan akses keluar masuk. Pintu model ini sangat praktis untuk daerah perkotaan yang memilikitempat parkir terbatas, dimana jarak antar antar mobil yang diparkir sangat sempit.

 

 

Motor listriknya bisa menggerakkan mobil ini hingga 100km/jam dengan kemampuan jelajah hingga 90km. Yang paling mencolok di interiornya adalah absennya roda kemudi, digantikan tongkat kendali mirip yang dipakai pesawatToyota juga mendisain kaca depan yang sangat lebar. Kaca seperti ini, selain memperbaiki daya pandang pengemudi juga penumpang didalamnya merasa lapang.

Menurut Toyota, FT-EV II akan menggunakan baterai yang jauh lebih canggih dari Lithium-ion, baterai terbaik 2009-2010. Seperti diketahui, Toyota sedang mengembangkan teknologi baterai yang memiliki kemampuan menyimpan energi hingga 10 kali lipat dibandingkan Li-ion namun berat dan dimensinya lebih kecil. Baterai ini diperkirakan bisa diaplikasikan secara massal di mobil listrik dan hybrida pada dekade mendatang.

 Toyota iQ EV prototype coming to Geneva

“Kami mencari sesuatu yang lebih baik dari Lithium-ion baterai,” kata Akihiro Yanaka, project manager untuk mobil-mobil canggih Toyota. Dengan menggunakan baterai lebih canggih itu, ukuran baterai bisa dibuat lebih ringkas, sementara peformanya justru meningkat. Itulah sebabnya Toyota mendisain FT-EV II begitu mungil, bahkan lebih kecil dari FT-EV.

Toyota tidak berhenti pada upaya meningkatkan efisiensi sistem pengerak seperti motor listrik dan baterai. Yataka memaparkan, Toyota juga berupaya meningkatkan efisiensi komponen-komponen lain. Contohnya AC, yang termasuk boros energi. Upaya ini untuk mengurangi beban sumber energi.

”Kami berupaya mendapatkan metode yang lebih efisien untuk menciptakan comfort. Anda tidak perlu memanaskan atau mendinginkan seluruh kompartemen penumpang, bila anda bisa mendinginkan atau memanaskan tubuh penumpangnya saja,” kata Yataka

Perkembangan dari Toyota IQ Concept terbaru terlihat di tahun 2011 dimana  Tokyo Motor Show adalah seperti pagelaran otomotif paling ditunggu untuk mobil dan sebagian besar orang Jepang untuk memperkenalkan penemuan terbaru mereka pada kendaraan roda empat. Salah satu pembuat mobil tersebut yang sangat ofensif tahun ini adalah merek T  karena membawa 2011 Toyota iQ konsepFT-EV III. Ide menciptakan konsep ini adalah karena Toyota yang membutuhkan dengan city car iQ, seperti Porsche yang sedang berjuang untuk menjaga permintaan pada SUVCayenne.

Hal ini tidak mengejutkan jika 2011 iQ konsep FT-EV III adalah dalam bentukkendaraan listrik seperti Toyota sendiri telah menandai jejak mereka pada hibridapasar massal. Hal ini dimengerti mengapa Toyota mendorong mereka R & D departemen dalam batas karena mereka ingin menjadi bagian gerakanmenyelamatkan bumi dengan menciptakan mobil ramah lingkungan yang memiliki nol emisi yang dapat menekan emisi CO2.

Pihak Toyota berkata Kami tidak ingin menyimpan harapan kami terlalu tinggi karena 2011 Toyota iQ FT-EV III adalah hanya sebuah konsep dan produsen mobil Jepang  belum  mengeluarkan  pernyataan resmi apakah kendaraan listrik akan tiba dalam bentuk versi produksi atau tidak. Toyota bangga mengatakan bahwa iQ 2011 konsep FT-EV III dapat pergi sejauh 105 km (sekitar 65 kilometer) dengan dukungan  penuh lithium-ion baterai.

Toyota iQ FT-EV III Concept rear view

photo
Video