XO Tablet yang merupakan kelanjutan dari proyek One Laptop Per Child (OLPC). Proyek yang awalnya digagas Profesor Negroponte dari Massachussetts Institute of Technology (MIT) itu mendapat dukungan dari Marvell Technology. Marvell memperkenalkan prototipe XO Tablet dengan layar sekitar 8 inci.

Sesuai targetnya, warna XO Tablet sangat cerah dengan casing warna hijau muda. Belum dijelaskan lebih jauh mengenai spesifikasinya, namun semua chip yang digunakan diklaim buatan Marvell. Yang menarik, untuk mengisi ulang baterai disediakan alternatif sumber daya. XO Tablet sudah dilengkapi panel surya dan alat penghasil listrik dengan cara diengkol.

Dalam hal spesifikasi baku, 3.0 XO tablet memiliki 8-inci, 1024 x 768-resolusi PixelQilayar, yang dapat dibaca di dalam ruangan dan diluar ruangan, Marvell PXA618 Armadaprosesor, 512MB RAM, dan akan dikonfigurasi dengan baik Android atau “Sugar” OS. Gula adalah sendiri operasi OLPC sistem Linux, yang dirancang khusus untuk anak-anak. “Kami merancang XO-3 dengan fireware terbuka dandengan BIOS terbuka sehingga mudah untuk mendukung beberapa sistem operasi. Negara dapat memilih antara Android dan Sugar OS,” kata McNierney.

OLPC XO3 tablet solar cover small

The XO 3.0, seperti laptop XO,tidak akan dijual langsung ke konsumen atau orang tua. OLPC akan menjual tablet dalam jumlah besar ke negara-negara yang ingin memastikan anak-anak mereka memiliki komputer, dan tidak akan menghasilkan unit sampai pesanan datang in. Jadi berapa banyak negara-negara seperti Uruguay dan Peru (yang keduanya telah mengerahkan ribuan laptop OLPC) memiliki untuk membayar?McNierney dan Negoroponte mengatakan bahwa janji $ 100 benar-benar akan dipenuhi, tergantung pada sedikit fleksibilitas. Keduanya mengatakan kepada kami bahwa tablet dapat dikonfigurasi rendah untuk harga per$ 100,tetapi itu tidak harus memiliki layar PIxelQi (varian $ 100 akan memiliki LCDbiasa) dan komponen yang lebih premium lainnya mungkin dikorbankan, tambahan. Saat ini kami sedang mencoba untuk mendapatkan aplikasi hands On  pada gambar tablet, dan Anda bisa yakin kita akan melacak mesin yang sebenarnyabegitu kita sampai ke Vegas.

Berikut videonya :