_MG_0596

Hai Salam Wildlife Sueto!Kali ini kami Sueto tim mengisi kekosongan jadwal touring dengan ekspedisi touring sehari menjelajah pantai Malang. Tujuan ekspedisi kali ini langsung menuju pantai Jonggring Saloko di Malang.Tahun 2012 menjadi tahun yang penuh berkah bagi kami Sueto tim ekspedisi akhirnya sampai ke pantai Jonggring Saloko ini karena sejak 3kali ekspedisi pada tahun 2008 dan 2010 kami tim ekspedisi selalu gagal menuju pantai Jonggring Saloko ini dikarenakan faktor x yang memang membuat kami tidak bisa sampai disana selain memang jalanan menuju pantai yang memang makadam dan terjal.

Tahun 2008 kami berangkat dari Batu menuju ke pantai Joggring Saloko menaiki motor Bajaj Pulsar200 hanya 2 orang. Saat itu baru pertama kali ekspedisi kami tidak sampai karena salah perhitungan  waktu kami tiba terlalu sore akhirnya kami kembali dan belum tahu kondisi medan jalannya.  Tahun 2010 sueto tim  berangkat dari Sidoarjo dengan 6 orang dengan mengendarai 2 motor bebek dan 1 motor matic karena dari pengalaman pertama membawa motor laki yang bukan tipe offroad di jalanan menuju pantai Jonggring Saloko ini akan sangat merepotkan dan menguras tenaga tetapi saat itu ada kendala di salah satu motor dan cuaca hujan deras waktu itu. Akhirnya kami kembali. Pada tahun 2008 dan 2010 kami melewati rute Malang-Kepanjen-Pagak-Donomulyo

Kemudian Tahun 2012 ini berangkat hari Minggu bulan Mei akhir saya meneruskan ekspedisi ini mengendarai motor HSX125 hanya 2 orang. Kali ini kami berangkat dari Surabaya daerah Perak jam setengah 8 pagi . Menuju Sidoarjo mengambil peralatan perjalanan ditempuh 1 jam setengah jam 9 sampai Sidoarjo karena macet ada car freeday, Sidoarjo Menuju Singosari 1jam sampai jam10 untuk mengambil barang lagi, kemudian langsung lanjut menuju pom bensin kepanjen untuk mengisi bensin melewati rute berbeda karena disinyalir rute ini lebih cepat karena jalannya sudah lumayan bagus yaitu melewati bendungan Karangkates-Sumber Pucung -Donomulyo-Matraman-Jonggring Saloko dari pada rute kami sebelumnya lewat kepanjen menuju selatan. Sampai kampung awal Jonggring Saloko kami membeli bekal minuman untuk bekal melewati trek cadas dan terjal.

Masuk Kampung awal Jonggring Saloko jaraknya sampai pantai adalah 11km hanya 3km ada perkampungan penduduk sisannya hutan dan tebing kami lewati sejauh 8km dan selamanya 1jam setengah. Perjalanan kami lewati dengan penuh tantangan dan ihktiar karena memang jalanan sungguh cadas batu-batu besar kecil, makadam, lumpur kering, dengan lebih banyak tanjakan dari pada turunan padahal kita menuju pantai seharusnya lebih banyak turunan akhirnya selama perjalanan pun kami benar-benar penasaran  dengan trek jalanan disini. plang demi plang pun kami lewati dan kamipun terus semakin penasaran.

Akhirnya setelah melewati plang terkhir bertuliskan 1km kami pun sampai terlihat sebuah pos pintu masuk tak berpenjaga. Kamipun semakin penasaran hebat sekali kalau pantai yang jalannya sangat susah seperti ini masih ditarik tarif masuk….ha2…kami pun tertawa kenapa juga ada yang membangun pos masuk kurang kerjaan ini yang membangun dahulu. Sebelumnya kami sampai di pantai ini sekitar jam1an.

Sampai pantai kami pun disambut indahnya pantai Jonggring Saloko sesuai namanya yang berarti khayangan…AMAZing!!(yah kami berfikir kenapa jalannya semakin menanjak semakin dekat kepantai ya mungkin karena itu pantai ini disebut pantai Jonggring Saloko) memang semuanya terbayar kelelahan kami selama 11km bertempur dengan jalan terjal dan cadas. Saat dipantai kami hanya bertemu beberapa orang pengunjung bisa dihitung dengan jari tidak sampai 10 orang dan hanya ada beberapa rumah penduduk yang tak berpenghuni di pantai.

_MG_0493

Kami langsung cari spot yang bagus untuk tempat foto-foto sambil menyisir pantai dan menikmati perawannya pantai Jonggring Saloko ini, Sambil kami berjalan lanscape pantai ini mirip sebuah pantai yang pernah kami kunjungi juga di Malang yaitu pantai Goa Cina bisa dilihat di link berikut https://suetoclub.wordpress.com/2011/08/05/touring-24-jam-mengitari-pantai-selatan-malang-pantai-goa-cinapart1/ nah agak miripkan tipikal pantainya juga hampir sama karang pasirnya. Kami pun foto2 menikmati pemandangan di pantai ini.

_MG_0506

Oh iya di pantai ini juga ada yang dinamakan watu gebros sebuah bilahan-bilahan karang yang terkena ombak dan menimbulkan bunyi semburan ombak. Cuman waktu itu kami tidak sempat mengabadikannya karena tidak kerasa setelah foto-foto haripun menjelang sore dan kami harusnya mempersiapkan tenaga  untuk menghadapi medan perang 11km lagi. Saya tetapi masih penasaran dengan jalan kecil yang saya lewati masih ingin mengexplore apakah ada jalan lain selain melewati jalan yang kita lewati tadi karena jalan yang kami lewati sangat kecil dan ada truk angkut kayu seandainya terjadi saling bentrok maka saya pikir jalan satu-satunya adalah mundur dan mencari tempat menepi dikarenakan kanan kiri jalan sudah jurang. Tapi karena diburu waktu kamipun berfikir sambil pulang. Treknya juga asyikk untuk orang-orang yang hobi trekking dan camp di pantai.

_MG_0508

Setelah keluar dan sampai kecamatan  Donomulyo kami langsung menuju Perak Surabaya untuk bersiap mengahadapi aktifitas hari senin. Sekian terima kasih, harpan kami para Sueto tim ekspedisi mudah-mudahan kebersihan alam pantai ini tetap terjaga dan jalanannya mungkin agak sedekit diperbaiki paling tidak layak dan tidak menguras tenaga supaya seluruh dunia dan Indonesia tahu bahwa kekayaan alam di Indonesia itu melimpah dan masih banyak tempat-tempat tersembunyi yang indah seperti surga kecil di nusantara ini pantai Jonggring Saloko salah satunya.

_MG_0516

_MG_0707

_MG_0728

_MG_0736

Eh iya waktu pulang kok ada tempat yang bagus akhirnya kami coba photo-photo sebentar….