Berbagai macam event seni dan budayasangat banyak digelar di Yogyakarta. Salah satunya adalah event budaya yang akan menjadi ikon pariwisata DIY adalah festival Malioboro. Festival Malioboro ini diadakan bersamaan dengan  liburan panjang, Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meng gelar Festival Malioboro 2011. Kegiatan yang menyajikan berbagai macam kesenian ini digelar di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta.

Secara resmi Festival Malioboro 2011 dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Tazbir, Sabtu (25/6/2011), yang dilanjutkan dengan pentas kesenian tari angguk dan reog. Festival Malioboro akan berlangsung hingga Minggu (26/6/2011). Selain mementaskan berbagai macam kesenian tradisional, juga digelar bazar. Sehingga Malioboro sebagai sentral urat nadi pariwisata dan perekonomian DIYharus selalu dibangun dan menghadirkan suasana baru agar performance Malioboro semakin cantik dan indah di mata wisatawan.

Ketua panitia penyelenggara Heri Lancono mengatakan Festival Malioboro merupakan event rutin, dan kali merupakan yang ketiga kalinya. Festival ini adalah ajang untuk menyatukan kreasi dari berbagai elemen dan komunitas, baik pekerja seni maupun masyarakat.

“Diharapkan terjadi perpaduan lintas seni maupun lintas komunitas, seperti komunitas PKL dan lainnya. Sehingga dapat memberikan hiburan bagi wisatawan dan dapat meningkatkan kunjungan pariwisata di Yogyakarta,” ujarnya.

Tazbir mengatakan, Festival Malioboro adalah kegiatan rutin setiap tahun yang melibatkan semua komponen di malioboro. “Kegiatan ini melibatkan semua pihak yang peduli dan ingin mengangkat Malioboro sebagai rumah bersama. Ruh yang ada pada diri berbagai komunitas akan menyatu dalam satu ruh yang ada pada Malioboro,” tuturnya.

Ia menambahkan, festival ini akan menampilkan potensi dari berbagai daerah dengan tema ‘Gema Istimewa untuk Indonesia‘. Diharapkan, dengan adanya festival ini wisatawan akan semakin senang datang ke Yogyakarta.

Semoga informasi ini berguna bagi yang kebetulan lagi berkunjung dan ingin berlibur ke Yogyakarta….Salam Sueto wildlife!

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2011/06/25/13391628/Festival.Malioboro.Dibuka

Iklan