Yup Salam Wildlife udah lama yah blog sueto jarang mengeluarkan artikel…Soalnya hari-hari sebelumnya pada sibuk banget sih..jadi agak galau mau menulis artikel..

Mulai hari kemerdekaan ini Suetoclub akan aktif lagi menulis artikel…

Puasa di bulan agustus sungguh sebuah perjuangan kemudian di hari rayanyapun berdekatan dengan hari jadi RI serasa flashback ke masa perjuangan bangsa Indonesia kala itu mempertahankan bangsa dari para penjajah. Semangat juang para pahlawan nasional yang tak kenal patah arang seharusnya masih tertanam di darah anak cucunya di zaman sekarang seperti puasa yang sungguh menguji mental, iman, nafsu lahir batin seseorang.

Kalau di lihat bangsa Indonesia yang sekarang memang sangat butuh dan rindu akan pahlawan nasional yang bisa membawa Indonesia ke era kejayaan seperti dahulu yang semangatnya dapat menggugah mental masyarakat dan penduduknya untuk lebih mengerti arti sebuah nasionalisme kepada suatu bangsa.

Tapi sekarang semangat nasionalisme itu telah semakin pudar kebanyakan terkalahkan oleh uang, politik, ambisi, gengsi, korupsi dan sebagainya. Kurangnya rasa memiliki dan melindungi sebagai suatu bangsa yang utuh itulah yang akan mengikis sedikit demi sedikit rasa nasionalisme kita.

Semoga bangsa ini tahu dan bangkit tidak semakin terjerumus oleh zaman yang global ini karena semakin banyak bangsa lain yang datang dan sukses di negara ini selama bangsa kita juga tidak bisa mengimbangi akhirnya lama kelamaan rasa nasionalisme kita akan direnggut oleh bangsa lain. Mungkin pernah terbesit dalam pikiran saya mending dijajah bangsa sendiri dari pada di jajah bangsa lain toh ujung-ujungnya duit atau kekayaan alam misalnya akan kembali juga ke kita.

Bagaimana ya kalau semua infrastruktur, kekayaan alam, teknologi, sumber daya di negara ini dikuasai oleh bangsa lain sedangkan bangsa kita hanya sebagai bangsa yang komsumtif saja dan minim inovasi mungkin bisa disebut akan menjadi bangsa yang alay seperti kata anak-anak muda zaman sekarang dengan komunitas yang alayers sehingga tidak terlihat lagi adanya rasa nasionalisme yang membakar semangat juang dari kaum yang tua sampai yang muda. Pasti kalau sudah seperti itu timbulah pertannya negara/bangsa seperti apa sih Indonesia?mungkin jawabannya dapat berbeda-beda tergantung tingkat nasionalisme orang yang menjawab juga lebih ke jawaban optimisme atau pesimisme yang berunjung pada suatu kenyataan yang nampak dalam sejarah bangsa Indonesia ini.

Bagiku hari kemerdekaan ini adalah hari yang mengingatkanku selalu, betapa besar rasa nasionalisme yang terdapat dalam dirimu terhadap bangsa ini. Salam selamat liburan puasa yah kawan-kawan.