watu abu 2 copy

Hallo Salam Wildlife!Sudah lama tidak posting perjalanan extreme Sueto kali ini di tahun 2012 bulan agustus menceritakan singkat  perjalanan saja. Kali ini perjalanan dilakukan sendirian karena yang lain pada mudik sendiri-sendiri dan saya ada waktu senggah liburan panjang yah saya coba mencari tempat-tempat baru yang sekiranya bisa di lalui dengan perjalanan sehari. Eh ternyata setelah riset dan searching dapetnya di Malang juga. Mari kta telusuri yuk.

Perjalanan kali ini sebenarnya niatnya kepingin menjelajahi beberapa tempat sekaligus dalam satu hari tapi karena ada gangguan jadi akhirnya cuman bisa ke satu tempat saja. Niatnya berangkat subuh ini malah jam11 baru berangkat dari rumah menuju Malang memang tujuan kali ini memang tidak jauh-jauh dari pantai sipelot yang pernah di posting di https://suetoclub.wordpress.com/2011/11/17/all-about-tour-to-sipelot-beach/ yup tempat yang saya tuju juga pantai bernama pantai Lenggosono dan pantai Watu Awu sebelumnya yang ada dalam benak saya adalah bagaimana menelusuri akses ke pantai Lenggosono saja tak terpikir malah akan mendarat di pantai Watu Awu.

Berangkat jam 11 menuju Malang beristirahat dikota Malang dulu karena memang kebetulan cuaca panas sekali jadi saya maem sup buah dulu biar seger terus perjalanan langsung saya lanjutkan menuju Turen melewati pertigaan arah pantai Sendang Biru dan sampai ke kota Dampit sedikit mengingat-ingat jejak perjalanan saat ke pantai Sipelot ternyata kali ini sudah ada plakat penunjuk arahnya tidak seperti dulu  jadi bisa agak santai jalannya. Kemudian masuk gerbang kecamatan Tirtoyudo setelah masuk langsung mencari arah desa pujiharjo sampai pertigaan ada masjid sekitar jam 14.00 p.m saya sampai disitu. Pertigaan ini sudah ada arah penunjuk jalannya juga jadi bagi yang masih baru melewati daerah ini gak akan kesasar kalau gak salah kalau arah ketimur itu arah pantai Licin masuk kecamatan Ampel Gading perbatasan Malang-Lumajang. Lanjut perjalana sebelum sampai desa Pujiharjo saya penasaran ada jalan tanjakkan membelah dua tebing seperti baru dibangun disebelah barat jalan menuju desa Pujiharjo akhirnya saya coba jalan ini dan saya tanya kepada orang penjual bakso setempat  ternyata akses jalan ini memang ke arah desa Purwodadi yang menjadi tujuan saya pantai Lenggosono. View daerah memang bagus saya sempat membuat saya terkesima, nih fotonya :

Nah Setelah saya lihat-lihat ada tempat tersembunyi yang saya ingat sebelah pantai Lenggosono ternyata ada pantai lagi tapi saya belum tahu namanya akhirnya saya turun dan coba telusuri jalannya kemudian ada pertigaan, saya pilih sebelah kiri terus melalui jalan menurun yang cukup terjal dan akhirnya saya sampai ke dusun Balerejo dan bertanya orang setempat apakah nama pantai di desa ini ternyata bernama pantai Watu Awu sampai ke Pantainya….Wao! tenang sekali ombaknya, sepi tenang, dengan penduduk yang ramah dan tempatnya asik dibuat bertenda atau camping. Saya lansung siapkan segala peralatan untung mengambil beberapa moment dan dokumentasi karena memang saya tidak akan bisa lama-lama disini dan hari semakin gelap. Berikut foto-fotonya :

watu abu 1 copy

Tipikal pantainya sepertinya sama dengan pantai Sipelot karena memang geologi pantainya sama pantai jenis teluk dalam jadi ombaknya tenang karena tidak langsung dari laut lepas hanya pasir pantai sedikit lebih putih atau bersih karena memang tidak banyak aktifitas warga yang dilakukan di pantai ini tidak seperti pantai Sipelot yang sudah agak ramai. Sama seperti Sipelot yang menjadi tujuan wisatawan di daerah sini memang kebanyakan menuju ke Pantai Sipelot atau ke Pantai Lenggosono karena memang secara akses lebih mudah dan penduduk lebih ramai jadi pantai Watu Awu ini sepi pengunjung tapi tak apalah bagiku justru sepi inilah tempat ini menjadi sangat nyaman untuk dibuat bersantai dan menghilangkan pikiran  jenuh akibat aktifitas dikota rasanya seperti surga kecil yang nyamannya masuk kedalam pikiranku dan membuat saya lebih refresh dan mempunyai inspirasi dalam hal-hal baru kedepan.

Hari sudah sore menunjukkan pukul 16.oo p.m waktunya pulang kembali ke Sidoarjo takutnya macet kena arus balik lebaran. Alhamdulillah jam 19.20 saya sudah sampai di rumah jadi bisa evaluasi untuk menuju ke touring-touring selanjutnya. Bagi pembaca selamat menikmati keindahan alam Indonesia….!