NEW YORK – Raksasa mesin pencarian, Google, dikabarkan segera meluncurkan tablet android generasi terbaru. Untuk seri tablet Nexus berikutnya, dikabarkan Google tidak akan bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan. Menurut laporan Cnet, Google lebih memilih Samsung untuk menghadirkan tablet Nexus baru yaitu Nexus 10. Gadget ini merupakan penerus tablet Nexus 7 yang diproduksi bersama Samsung dengan berbagai peningkatan kemampuan. Layanan sharing foto milik Google, yaitu Picasa menunjukkan kehadiran tablet Google Nexus 10 yang diproduksi oleh Samsung tersebut.

Produk terbaru Google ini bakal diluncurkan pada 29 Oktober mendatang dalam event bertajuk “Google Android event” di New York, bersamaan dengan launching ponsel generasi terbaru Microsoft yang dibesut OS Windows 8 di San Francisco. Produk yang dikembangkan dengan kode “Samsung Manta” ini bakal berjalan dengan OS versi terbaru dari Google Android.

Informasi terkait ukuran layar tablet Samsung Nexus ini didapat dari hasil analisis Richard Shim, seorang analis dari NPD DisplaySearch. Menyatakan perangkat ini bakal menawarkan resolusi 2560 × 1600 pixel (16:10), sekitar 300 pixel per inch (PPI) dibandingkan dengan milik iPad terbaru yang hanya 264 PPI. Jika melihat resolusi sebesar itu dipastikan prosesor yang digunakan kemungkinan model prosesor terbaru dual-core dengan chip Cortex-A15 Exynos yang dibuat oleh Samsung, sama seperti yang digunakan pada Chromebook atau mungkin memakai prosesor quad-core, Tegra 3 dari NVIDIA, dan sistem operasi Android terbaru, 4.1 (Jelly Bean). . Generasi terbaru Nexus ini juga mengalami peningkatan memori dan kemampuan 3G.

Masih menurut Shim, Nexus baru ini akan memiliki spesifikasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan Nexus 7.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup perangkat tambahan untuk fungsi kamera, menambahkan modus panorama, serta tambahan fungsi lainnya untuk mengalahkan Apple iOS6. Banyak analis berasumsi bahwa Google akan menggunakan produk Nexus baru ini untuk mempromosikan mitra Android lainnya yang saat ini menantang dominasi Samsung.

Langkah ini juga akan meredakan kekhawatiran industri bahwa pembelian Google terhadap Motorola akan mengarah pada dominasi perusahaan Amerika melalui akses khusus untuk Android. Google menyatakan bahwa akan ada pembatas antara dua perusahaan tersebut.

Sayangnya, Nexus 7 belum dipasarkan di Indonesia apalagi Nexus 10?. Tapi rencananya, perangkat Nexus 7 ini akan hadir pada bulan November mendatang di Indonesia.

Sumber : http://www.cnet.com/

Video :