sumberpitu

Sudah lama tak bersua kawan-kawan penjelajah kalau begitu salam dulu Wild Life! Kali kami akan memulai cerita perjalanan lagi menuju Sumber 7 yap letaknya di Kab Malang, Kec Tumpang, Desa Dawuk jaraknya sekitar 30km dari kota Malangkok.

Petanya kira-kira seperti ini :

denah_peta_malangsd_tumpang

Nama Sumber 7 itu sendiri berasal dari gabungan beberapa air terjun yang bersumber dari 7 tempat yang berbeda. Yah kelihatannya ini sumber 7 yang satu-satunya ada di Malang tempatnya pun masih begitu alami. Jadi begini ceritanya.

Perjalanan dimulai awal pertengahan Maret 2013 ini berangkat malam dari Sby menuju ke home base Malang untuk ngePES 13 sebentar…karena perjalananannya memang direncanakan paginya. Sebenarnya tujuan kita ada 2 satu hari itu pertama ke pantai Mondangan kemudian baru ke sumber 7 karena ada kendala termasuk kendala cuaca akhirnya kami putuskan satu tempat saja yaitu menuju ke Seven Source Tumpang.

Kemudian paginya kamipun setelah bersiap-siap dan berangkat perjalanan dilakukan dengan santai karena memang jaraknya yang dekat tempatnya pun dekat dan arahnya sama dengan arah coban pelangi yaitu arah Tumpang pendakian Bromo kalau gak salah tidak sampai 1 jam waktu itu dari Malang Karangploso ke desa duwet. Setelah masuk area desa Duwet dari sinilah yang lama kami mencari-cari plakat sumber 7 tidak ada dan memang tak ada. Kamipun sampai berputar-putar desa sampai 6kali sambil bertanya-tanya ke warga dan akhirnya kami temukan. Memang secara fasilitas memang kurang memadai meskipun sumber 7 sudah dibuka untuk umum.

Karena tempat parkir juga hanya disediakan di rumah-rumah warga sekitar. Juga untuk jalur menuju ke sumber 7 ada beberapa jalur turunan yang bercabang tapi kami akhirnya memilih jalur turunan yang tercepat sesuai saran masyarakat desa setempat. Setelah parkir motor kami pun bersiap melakukan penjelajahan simak fotonya berikut ini yah ceman-ceman.

Berikut foto-foto ekspedisinya :

IMG_5883 IMG_5869 IMG_5859 IMG_5855 sumberpitu IMG_6054 IMG_5975 IMG_5962 IMG_6048 IMG_6036 IMG_5944 IMG_6019 IMG_5998 IMG_5937 IMG_5951 IMG_5893

Nah demikian foto-fotonya mungkin ini hanya secara dokumentasi saja tapi kalau ceman-ceman suatu saat berkesempatan mampir ke sumber 7 ini aslinya bakal jauh lebih bagus dari pada sekedar foto. Kemudian hari semakin senja akhirnya kami pun bersiap kemabali pulang menuju Surabaya dengan dari air terjun sampai tempat parkir kami ditemani hujan yang indah seindah tempat yang sangat alami dan privasi ini tak menyangka Indonesia ini sungguh begitu indah.

Saran kami kalau suatu saat tempat ini ramai tolong para pengunjung jangan dikotori ya oleh aksi-aksi vandalisme seperti mencorat-coret di batu atau membuang sampah plastik sembarangan karena disayangkan akan menjadikan tempat ini kotor tidak secara alami juga keturunan kita kemudian yang akan semakin sulit mencari tempat indah di Indonesia dan menghargai kekuasaan sang Pencipta yang Maha Indah ini terimakasih.