www.belantaraindonesia.org

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System yang tujuan mudahnya untuk mengetahui dimana lokasi dan posisi Anda berada. Mungkin sama dengan peta, hanya saja GPS cara kerjanya tergantung pada satelit, yang berjumlah sebanyak 24 satelit. Teknologi yang selayaknya Anda ketahui sebagai seorang penggiat alam terbuka.

Akan tetapi untuk pengeporasian GPS hanya butuh 3 satelit saja maka posisi anda sudah bisa diketahui. Sistim GPS dewasa ini, jika sistim WAAS ( Wide Area Augmentation System ) nya di aktifkan maka akan bisa mengkalkulasikan lokasi anda paling tidak dalam diameter 3 meter.

Dewasa ini GPS bukanlah sebuah sebutan yang baru di telinga kita, teknologi ini bisa ditemukan di telepon genggam dan juga pada mobil. Akan tetapi kedua macam GPS tadi bukanlah didesain untuk dipakai untuk pendakian gunung. Jadi GPS dengan fitur seperti apa dan bagaimana caranya memutuskan untuk memilih GPS yang cocok untuk mendaki gunung?

Karena GPS untuk mendaki gunung sangat bergantung pada satelit di atasnya, maka unit GPS itu sendiri mungkin akan mengalami masalah dalam mengkalkulasi posisi Anda jika secara terus menerus tertutup oleh pohon  atau di bawah jurang atau lembah yang dikelilingi oleh tebing – tebing yang tinggi.

Apa yang bisa dilakukan oleh GPS dalam pendakian gunung?

www.belantaraindonesia.org

Layar Alat Navigasi
Perlu diingat bahwa telepon genggam atau PDA yang sekarang dimiliki, dapat digunakan sebagai alat navigasi. Beberapa telepon genggam sudah memiliki kemampuan navigasi. Disarankan bagi pemula untuk tetap menggunakan telepon genggam atau PDA yang sudah dimiliki sehingga akan jauh mengurangi biaya yang diperlukan.

Mungkin layar telepon genggam atau PDA berukuran kecil, tetapi alat navigasi yang beredar dipasaran juga banyak yang memiliki ukuran layar kecil. Sebagai contoh, seri Etrex produk Garmin, memiliki layar berukuran 3,3 x 4,3 cm.

Apakah memerlukan layar untuk menampilkan peta? Berapa besar layar yang diinginkan? Apakah diperlukan layar berwarna? Memang dengan kehadiran layar berwarna akan menambah kenyamanan dalam menggunakan alat, tetapi juga akan menambah harga.

Periksa juga apakah gambar pada layar dapat dengan mudah dilihat dibawah sinar Matahari. Jangan lupa, makin besar ukuran layar, maka akan makin rentan pecah ketika digunakan dalam kegiatan.

Alat terpisah
Banyak telepon genggam atau PDA yang sudah dilengkapi dengan kemampuan navigasi. Apakah diperlukan alat terpisah atau dapat menggunakan telepon genggam? Bagi orang yang jarang sekali keluar kota, atau jarang sekali melakukan kegiatan outdoor, mungkin menggunakan telepon genggam yang dilengkapi dengan alat navigasi sudah cukup.

Bila ingin menggunakan telepon genggam atau PDA, periksalah sistim operasinya. Menurut pengalaman, program Garmin Mobile XT adalah program yang paling mudah dan nyaman digunakan. Alasan paling utama adalah mudah mendapatkan peta versi gratis, dan tidak selalu diperlukan biaya tambahan dari operator telepon selular.

Periksa juga apakah telepon genggam / PDA memiliki koneksi Bluetooth, yang akan diperlukan ketika menggabungkan dengan Bluetooth GPS. Periksa apakah layar PDA atau telepon genggam yang dipakai sekarang memiliki ukuran yang nyaman untuk melihat peta. Bagaimana bila menggunakan sistim A-GPS?

www.belantaraindonesia.org

Kapasitas Penyimpanan
Masing – masing alat memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda – beda. Kapasitas yang besar tentunya dapat menampung lebih banyak data. Tetapi tidak semua pengguna memerlukan hal ini, biasanya diperlukan ketika melakukan perjalanan jauh atau lama, dimana tidak memungkinkan untuk memindahkan data kedalam komputer.

Tetapi bila alat memiliki slot kartu memori, dapat digunakan kartu memori yang berukuran besar ataupun menyediakan memori cadangan. Periksa kapasitas kartu memori yang dapat digunakan alat tersebut. Periksa juga data apa saja yang dapat disimpan, dan apakah alat dapat menyimpan Track log, tidak semua alat navigasi dapat melakukan ini.

Daya Tahan Batere
Daya tahan batere perlu dipertimbangkan bila akan digunakan pada perjalanan ke daerah yang sulit mendapatkan listrik. Tetapi dapat diatasi dengan membawa batere cadangan ataupun solar charger ( menggunakan Matahari ).

Tahan air
Apakah diperlukan alat yang tahan air? Bila tidak akan digunakan untuk aktivitas outdoor, mungkin fasilitas ini tidak diperlukan. Alat yang dapat mengapung diatas air mungkin diperlukan bila banyak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan sungai atau laut. Jangan lupa bahwa kantung plastik juga dapat digunakan untuk melindungi alat dari air.

Akurasi
Alat – alat navigasi berbasis satelit yang sekarang beredar dipasaran memiliki tingkat akurasi yang hampir sama. Tentunya alat – alat yang diperuntukkan bagi kegiatan survey memiliki tingkat akurasi yang mengagumkan, tetapi jenis ini tidak diperlukan bagi pengguna biasa.

Cobalah periksa spesifikasi alat, akurasi yang 10 meter sudah cukup untuk digunakan sehari – hari. Tentu saja, makin tinggi akurasi yang dapat dicapai, makin baik.

Antena
Dua jenis antenna yang paling sering dijumpai adalah jenid double helix dan patch. Dalam penggunaan sehari – hari, sulit sekali dibedakan mana yang lebih baik. Bertanyalah pada yang sering menggunakan masing – masing antenna tersebut.

Tetapi pertanyaan yang lebih berguna adalah, apakah diperlukan antenna tambahan. Bila akan digunakan didalam mobil, antenna tambahan akan sangat bermanfaat, terutama bila mobil dilengkapi dengan kaca film yang mengandung metal.

www.belantaraindonesia.org

MEMILIH GPS Yang Tepat
Bingung pilih GPS device? Kebutuhan masing – masing pengguna tidaklah sama, sehingga hanya pengguna yang dapat menentukan pilihannya.

Mengapa
Tanyakan pada diri sendiri ‘Mengapa ingin membeli alat navigasi berbasis satelit?’ Coba pikirkan kegiatan sehari – hari apa saja yang mungkin dapat dipermudah dengan kehadiran alat ini. Apakah sering bepergian, atau memancing, atau mendaki gunung, dan lain – lain.

Harga
Berapa besar biaya yang rela dikeluarkan untuk memiliki alat navigasi ini? Apakah memang diperlukan untuk membeli alat baru atau dapat memakai alat bekas pakai? Seringkali harga merupakan unsur terpenting ketika menentukan pilihan. Bila menggunakan sistim A-GPS, maka akan ada biaya tambahan untuk transfer data.

Hal – hal yang dapat mengurangi kekuatan sinyal satelit:

  • Kondisi geografis, seperti yang diterangkan diatas. Selama kita masih dapat melihat langit yang cukup luas, alat ini masih dapat berfungsi.
  • Hutan. Makin lebat hutannya, maka makin berkurang sinyal yang dapat diterima.
  • Air. Jangan berharap dapat menggunakan alat ini ketika menyelam.
  • Kaca film mobil, terutama yang mengandung metal.
  • Alat – alat elektronik yang dapat mengeluarkan gelombang elektromagnetik.
  • Gedung – gedung. Tidak hanya ketika didalam gedung, berada diantara 2 buah gedung tinggi juga akan menyebabkan efek seperti berada di dalam lembah.
  • Sinyal yang memantul, misal bila berada diantara gedung – gedung tinggi, dapat mengacaukan perhitungan alat navigasi sehingga alat navigasi dapat menunjukkan posisi yang salah atau tidak akurat.
Iklan