Edo Rusyanto's Traffic

negara fatalitas laka who

KECELAKAAN lalu lintas jalan bikin bergidik. Bagaimana tidak, tak kurang dari 1,2 miliar jiwa tewas akibat kecelakaan pada 2010. Data itu saya kutip dari ‘Global Status Report on Road Safety 2013’ lansiran dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Ironisnya, negara kita tercinta, Republik Indonesia menempati posisi kelima terbesar yang mencatat korban tewas terbanyak. Urutan posisi yang memiliki fatalitas tinggi akibat kecelakaan adalah Cina, India, Nigeria, Brasil, dan Indonesia. Peringkat tersebut mengacu pada estimasi WHO.

Ada versi lain, yakni merujuk pada data yang dilaporkan atau dihimpun WHO berdasarkan informasi resmi tiap Negara. Dalam versi itu pun, Indonesia ternyata menempati posisi yang sama. Bedanya, urutan tersebut menjadi India, Cina, Brasil, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Apa pun versinya, posisi Indonesia di urutan kelima dari 182 negara yang dicatat WHO, bukan posisi yang mengenakan. Kecelakaan lalu lintas jalan selalu berdampak menyakitkan, bagi korban maupun keluarga korban. Ada produktifitas yang hilang dan ada keluarga…

Lihat pos aslinya 246 kata lagi

Iklan