Edo Rusyanto's Traffic

jalan dalam perbaikan

BERITA soal karut marut lalu lintas jalan bak tak ada hentinya. Termasuk soal kecelakaan lalu lintas jalan yang sedikitnya 13 kasus per jam. Lantas, bagaimana peran negara dalam memberi rasa aman di jalan raya?

Kita tidak mengabaikan apa yang sudah dilakukan oleh para pemangku kepentingan keselamatan jalan. Hanya saja, apa iya cuma bisa sampai seperti saat ini?

Masyarakat mencari alternatif sendiri untuk urusan transportasi. Membeli kendaraan pribadi. Tak heran bila per akhir 2012 populasi sepeda motor mencapai sekitar 77,7 juta unit dan mobil pribadi 9,5 juta unit.

Jangan heran jika kemudian yang banyak terlibat kecelakaan adalah jenis kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor. Kendaraan roda dua masih menyumbang sekitar 64% dalam kecelakaan lalu lintas jalan. Sedangkan dari segi fatalitas kecelakaan, para pemotor menjadi korban tertinggi, yakni sekitar 35,7%.

Merujuk pada Undang Undang (UU) No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), para pemangku kepentingan keselamatan jalan setidaknya ada enam simpul…

Lihat pos aslinya 219 kata lagi