Edo Rusyanto's Traffic

PADA masa pergerakan, peran siaran radio mampu mengobarkan semangat. Merajut gelora perjuangan yang bertebaran seantero negeri. Nyala api keberanian terus mendapat bahan bakar. Semua dipompa lewat gelombang udara, menelusup dalam teater pemikiran pendengar.

Kekuatan siaran radio mampu mengaduk-aduk alam bawah sadar para pendengar. Bisa lewat lagu, sandiwara radio, siaran berita, hingga perbincangan yang disiarkan secara langsung. Jika disiarkan berulang dan diserap berkelanjutan oleh pendengar, bukan mustahil mendorong pendengar melakukan aksi atas inspirasi yang mencuat.

Meyakini kekuatan siaran radio, saya mencoba memanfaatkan setiap peluang ajakan diskusi perbincangan yang disiarkan secara langsung. Waktu siaran beragam dari pagi, siang, malam, bahkan dinihari. Sebagian ada yang siaran di studio, seperti di Delta FM dan Green Radio FM, keduanya di Jakarta. Atau, siaran via telepon seperti di Elshinta, Pelita Kasih, RRI Pro 2 FM, dan PR FM. Tiga yang pertama di Jakarta dan satu terakhir adalah stasiun radio di Bandung.

Kesemuanya memang tidak ada satu…

Lihat pos aslinya 286 kata lagi