Edo Rusyanto's Traffic

izin berkendara

KESELAMATAN mesti menjadi prioritas saat berkendara. Ketika itu terjadi, cita-cita mewujudkan lalu lintas jalan yang humanis bisa lebih diwujudkan. Suasana jalan yang kental dengan sikap respek diantara sesama pengguna jalan. Tak perlu ada saling serobot.

Kerangka besar keselamatan berkendara melingkupi aspek sosial, ekonomi, budaya, hukum, bahkan politik. Situasi di jalan raya merupakan limpahan dari sistem tatanan masyarakat tersebut. Kalau sistemnya rentan dengan karut marut, kondisi jalan rayanya bisa ikut-ikutan karut marut.

Selain soal kebiasaan, pemahaman atas regulasi, yakni Undang Undang (UU) No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) juga menjadi penting. Termasuk soal kebiasaan memberikan izin kepada anak di bawah umur untuk mengemudi kendaraan, entah itu roda dua atau roda empat.

Anak-anak di bawah umur, yakni mereka yang berusia di bawah 17 tahun, masih dianggap belum stabil dalam mengemudi. Bisa jadi lebih mudah terprovokasi oleh situasi di sekelilingnya sehingga bukan mustahil bisa membuyarkan konsentrasi. Belum lagi secara teknis…

Lihat pos aslinya 270 kata lagi