Edo Rusyanto's Traffic

BELAKANGAN kita mendengar banyak pesepeda motor menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Mereka bergelimpangan di jalan raya, mulai dari luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia. Ada yang menjadi subyek, tapi tak sedikit juga yang menjadi obyek kecelakaan.

Bagaimana kondisi di Jakarta dan sekitarnya? Mari kita tengok data tiga tahun terakhir yang dilansir Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas Polda Metro) berikut ini.

Pada 2010, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya mencapai sebanyak 745 jiwa. Angka itu setara dengan dua orang per hari. Pada tahun itu, total korban kecelakaan yang tewas mencapai sekitar 1.063 jiwa. Artinya, pesepeda motor berkontribusi sekitar 70,08% terhadap total korban tewas akibat kecelakaan di jalan.

Para penunggang kuda besi terus bergelimpangan. Pada 2011, mereka yang tewas akibat kecelakaan naik 7,38% menjadi 800 jiwa. Angka itu setara dengan 79,60% dari total korban tewas akibat kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya.

Nah, setahun…

Lihat pos aslinya 198 kata lagi