Edo Rusyanto's Traffic

KOPDAR Pengicau (Kopcau) tergelitik untuk peduli keselamatan pemudik Lebaran. Setidaknya lewat gagasan via poster di dunia maya dengan substansi berupa ajakan agar lebih waspada berkendara saat mudik. Maklum, sekitar 70-an% kendaraan yang terlibat kecelakaan saat arus mudik dan balik Lebaran 2012 adalah sepeda motor.

Lahirnya ide poster ke-9 Kopcau itu, melalui proses diskusi cukup serius walau dikemas informal dalam kopdar di Jakarta, Jumat (12/7/2013). Sejumlah gagasan mengalir, mulai dari soal visual hingga kalimat yang pas. Kalimat yang diharapkan bisa mengingatkan para pemudik agar lebih memprioritaskan keselamatan di atas segalanya.

Ada yang mengusulkan visual maraknya pemudik bersepeda motor yang membawa banyak barang. Ada juga yang melengkapi usulan dengan visual pesepeda motor yang berhimpitan antara anak dan orang tua di dalam satu sepeda motor.

Sedangkan untuk kalimat di poster mencuat gagasan, ‘Jangan jadikan anak sebagai tameng’. Lalu, ‘Selamatkan anak-anak saat mudik’. Usulan lain, ‘Cegah korban kecelakaan saat mudik’.

Setelah melewati obrolan yang…

Lihat pos aslinya 89 kata lagi