Sekarang banyak device terutama smartphone terpasang fitur NFC, sebenarnya apa itu NFC? digunakan untuk apakah NFC? Teknologi NFC bisa menjadi masa depan untuk metode pembayaran, kunci keamanan dan boarding pass. NFC merupakan teknologi terbaru dari QR Code. Banyak smartphone baru memiliki kemampuan NFC, seperti Sony, Blackberry, Samsung, Nokia, dsb. Namun banyak yang tidak tahu apa kegunaan NFC dan bagaimana cara menggunakan teknologi NFC ini.

Apa itu NFC Technology?

Teknologi NFC atau Near Field Communication yaitu dimana Anda dapat memindahkan informasi antara ponsel Anda dan perangkat NFC lainnya, seperti ponsel, tag NFC atau perangkat pembayaran. Misalnya, Anda dapat berbagi alamat situs web, kontak, nomor ponsel, trek musik, video atau foto. Teknologi ini sudah sangat familiar di beberapa Smartphone baik kelas atas atau menengah. Teknologi ini merupakan teknologi lanjutan dari RFID dan Bluetooth. Jadi dapat diambil kesimpulan teknologi RFID dan Bluetooth ada pada NFC.

Device yang dilengkapi dengan NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC lain yang disebut dengan NFC tags. NFC tags adalah chip tidak mempunyai listrik yang menarik listrik dari sebuah smartphone terdekat atau dari perangkat NFC lainnya. Mereka tidak perlu baterai atau sumber listrik sendiri.

Untuk terkoneksi NFC perlu menyatukan atau menempelkan dua perangkat NFC. Misalkan saja kamu memiliki dua smartphone yang mempunyai fitur NFC, ketika kamu menempelkan mereka secara back to back. Jika kamu memiliki NFC tags cukup tempelkan belakang smartphone yang memiliki NFC untuk NFC tag.

Selain bisa digunakan untuk mengirim foto atau file yang bluetooth juga bisa melakukannya teknologi NFC sangat kaya akan kelebihan dibanding teknologi nirkabel lainnya.

Apa Kegunaan NFC?

Mengatur kendali Mobil dengan NFC
Disalah satu acara Consumer Electronic Show (CES 2013), diperlihatkan sebuah mobil Porsche Carrera yang menggunakan teknologi NFC. Dengan teknologi ini Anda dapat mengontrol beragam aktivitas. Diantaranya mengunci dan membuka mobil. Selain itu ada teknologi push GPS antar Device, jadi Anda bisa dengan mudah memberikan informasi GPS yang ada didalam smartphone kedalam mobil.

Pembayaran Mobile
Di Amerika, pembayaran menggunakan mobile sudah sangat populer. Jadi NFC bekerja seperti PayPass MasterCard dan MasterCard atau kartu kredit. Hanya dengan mendekatkan smartphone NFC dengan mesin ATM maka smartphone dan mesin ATM akan melakukan pairing dan transaksi pun bisa dilakukan, canggih bukan. Kamu tidak lagi memerlukan Kartu Kredit.  Metode NFC seperti Google Wallet. Di San Francisco, NFC digunakan sebagai alat pembayaran parkir.

Melakukan Chek in
Selain fungsi diatas hal lain yang sangat berguna dari teknologi NFC antara lain Anda bisa melakukan verifikasi tanpa menunggu untuk mengantri. Sebab, NFC bisa melakukan verifikasi Chek in baik di hotel, Airport ataupun tempat lainnya. Jadi tidak perlu lagi menunggu lama untuk Chek in.
Pengiriman Data Wireless
Sebuah file dapat di kirim melalui wireless antara dua smartphone yang memiliki teknologi NFC. Seperti smartphone dilengkapi dengan Android Beam, sebuah fitur yang memungkinkan dua smartphone dengan cepat mengirimkan web page, kontak, foto, video atau informasi lainnya. Sentuhkan bagian belakang kedua smartphone dan file akan dikirimkan. Fitur ini juga dimiliki di Blackberry dan Windows Phone.
Berbelanja dengan NFC
Anda juga bisa melakukan transaksi belanja dengan NFC ini. Dengan teknologi NFC ini Anda tidak perlu lagi repot-repot menggotong barang belanjaan ke kasir. Tinggal melakukan scanning barcode dari barang yang hendak dibeli, dan akan disimpan oleh smartphone melalui NFC. Saat Anda selesai belanja Anda cukup melakukan pairing dengan kasir, untuk mengetahui barang yang dibeli sekaligus jumlah pembayarannya.
NFC Tag
Kamu dapat mengatur sebuah setting ketika NFC tag di dekatkan ke smartphone yang memiliki NFC. Contoh, misalkan saja kamu selalu mengatur smartphone dalam mode diam ketika tidur. Kamu bisa mengatur NFC tag sebagai pengaktif mode diam ketika didekatkan ke smartphone. Selain itu kamu bisa mengatur NFC tag sebagai password wireless, jadi ketika teman kamu bermain di rumah dan ingin login wifi, cukup dekatkan smartphone ke NFC tag. Masih banyak contoh lain yang sangat berguna dari NFC tag.
Menjadikan Smartphone sebagai pengganti remote TV
Selain bisa digunakan untuk kontrol mobil. NFC juga bisa digunakan sebagai remote smart TV. Seperti Samsung dan LG telah memamerkan bagaimana cara mengontrol Smart TV bagi para pengguna Smartphone.
Mendapatkan Informasi
Banyak iklan atau produk sebuah perusahan menggunakan QR code yang berisi informasi. Sekarang teknologi tersebut telah di gantikan oleh NFC, karena pengguna smartphone harus menggunakan kamera terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi dari QR code. Ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak singkat seperti NFC.
video aplikasinya :