Edo Rusyanto's Traffic

KONDISI darurat alias force majeur kadang membuat seseorang bertindak di luar akal sehat. Lazimnya force majeur, hal itu di luar batas kemampuan manusia. Lantas apa hubungannya dengan bersepeda motor?

Begini. Coba lihat sekeliling kita. Banyak pengendara sepeda motor yang wara-wiri satu motor dengan tiga atau empat penumpang. Tentu, salah satu di antaranya adalah sang pengemudi alias pengendara yang mengendalikan si kuda besi.

Pemandangan yang mudah kita jumpai adalah, satu sepeda motor diisi oleh tiga anak remaja. Atau, terdiri atas, dua orang dewasa dan satu anak-anak. Bahkan, dua orang dewasa dan dua anak-anak. Mereka berhimpitan dengan dalih terpaksa. Entah terpaksa karena alasan ekonomi atau terpaksa lantaran tak ada alat transportasi lain.

Tak sedikit pemandangan tersebut dilengkapi dengan para penumpang yang tak memakai helm. Bahkan, dijejali dengan bawaan sejumlah barang. Makin himpit-himpitan deh.

Saat sang pengendara yang bertugas mengendalikan si roda dua kurang leluasa, bukan mustahil menjadi tidak sigap. Tidak lentur dalam…

Lihat pos aslinya 117 kata lagi

Iklan