Edo Rusyanto's Traffic

PANDANGAN mata saat berkendara, khususnya saat menunggang sepeda motor, mesti bebas dan tak terganggu. Proses melihat ke arah depan dan kaca spion bagian dari menyerap informasi sebelum otak mengolah info tadi untuk selanjutnya diambil keputusan, langkah apa yang tepat. Mengerem atau menambah laju kecepatan. Pandangan yang lepas dan tidak terganggu tentu membantu kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Pandangan pesepeda motor lebih mudah terusik dibandingkan para pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Para pesepeda motor berhadapan langsung dengan debu, asap knalpot, angin, dan benda asing.

Dokter spesialis mata yang juga Direktur Jakarta Eye Center Johan Hutauruk, dalam acara SOHO #BetterU, di Jakarta, Rabu (9/10/2013), mengatakan, mata merah dan ptergium merupakan gangguan mata yang dekat dengan para pengendara sepeda motor. Hal ini disebabkan kedua gangguan mata tersebut berasal dari asap, debu, angin, polusi dan benda asing. “Oleh karena itu, penggunaan helm full face yang tepat sangat dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan…

Lihat pos aslinya 213 kata lagi

Iklan