Edo Rusyanto's Traffic

sim keliling

SOAL surat izin mengemudi (SIM) sempat menjadi topik hangat pada awal 2013. Saat itu, hal yang menjadi sorotan adalah soal perpanjangan SIM harus mengikuti tes seperti permohonan awal.

Maklum, dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 tahun 2012, khususnya dalam Pasal 28 Ayat 2 dan 3 disebutkan bahwa proses kepengurusan perpanjangan SIM sama seperti pembuatan baru, baik sebelum masa kadaluarsa ataupun telah melewati masa kadarluarsa. Belakangan, hal ini reda. Kabarnya bakal dikaji ulang dan faktanya, perpanjangan SIM cukup melengkapi persyaratan administrasi.

Kini, publik kembali menyoroti soal SIM. Khususnya terkait dengan kehadiran program Jakarta Safety Driving Centre (JSDC). Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Chryshnanda Dwi Laksana, JSDC sasarannya untuk peningkatan kecakapan pengemudi. Sekaligus terselenggaranya akreditasi sekolah mengemudi yang ditargetkan pada 2017. Soal ini diatur dalam pasal 78 Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yakni pendidikan dan pelatihan mengemudi diselenggarakan oleh lembaga yang…

Lihat pos aslinya 705 kata lagi

Iklan