Edo Rusyanto's Traffic

hujan dan pesepeda motor

FAKTOR alam memicu sekitar satu persen dari total kasus kecelakaan di Indonesia sepanjang Januari-Agustus 2013. Ada sekitar 650 kasus kecelakaan yang dipicu faktor alam. Pada delapan bulan 2013, menurut data Korlantas Polri setidaknya ada hampir 69 ribu kasus kecelakaan yang menewaskan 17 ribuan jiwa anak negeri.

Ada tujuh aspek yang dikategorikan faktor alam. Dari keseluruhan faktor tersebut, hujan menjadi pemicu utama di faktor alam. Sumbangan hujan terhadap kecelakaan di dalam faktor alam mencapai 82,95%. Rata-rata ada dua kasus kecelakaan akibat hujan di Indonesia sepanjang delapan bulan 2013.
Selain hujan, faktor alam yang memicu kecelakaan adalah kabut (8,45%), banjir (2,92%), dan pohon tumbang (2,15%). Selain itu, longsor (1,84%), gempa (0,92%), dan angin ribut (0,77%).

Nah, dalam tulisan kali ini menyoroti bagaimana berkendara dalam situasi hujan, khususnya bagi pesepeda motor. Sekalipun, jika hujan deras mengguyur bumi sebaiknya berteduh guna menghindari risiko terjadinya kecelakaan. Selain, tentu saja demi kesehatan sang penunggang kuda besi.

Lihat pos aslinya 632 kata lagi