Salam wildlife!Kali perjalanan tim sueto yaitu menulusuri pantai-pantai yang misterius di kawasan Bajulmati, Malang, Jatim, Indonesia. Destinasi yang sebenarnya kami ingin mengunjungi dua pantai di kecamatan Gajahrejo yaitu pantai jolangkung dan lepek. Tetapi keinginan kami untuk hunting pantai yang misteriuspun terwujud saat itu.

Berawal dari rencana touring sueto tim kami mengumpulkan peserta yang bersedia ikut di bulan Oktober 2013 ini dan akhirnya terkumpul  9 orang. Dari Surabaya berangkat hari Sabtu jam 11 malam kita berangkat menuju batu dengan mengendarai sepeda motor kemudian singgah di rumah salah satu anggota untuk istirahat. Waktu itu sampai sekitar jam 1 Minggu dini hari kemudian kami langsung beristirahat untuk rencana keberangkatan sekitar jam 5 pagi, lumayan biar kita ada istirahat sekitar 4  jam-5jam.

Akhirnya kita molor juga 1 jam sekitar jam 7 pagi kita baru sampai alun-alun kota Malang. Perjalananpun dilakukan dengan santai dengan menikmati perjalanan selama 3 jam dan sempat berhenti sejenak untuk mengisi bensin dan sarapan. Meskipun saya sudah berkali-kali melewati jalan di area turen-gedangan-sendangbiru-bajulmati tetap tidak akan pernah bosan rasanya karena memang sensasi perjalanannya sungguh bisa dinikmati apalagi bila naik sepeda motor. Berikut ini kira-kira rute perjalanan touring kami :

malang-regency-mapt

peta edit-1

Screenshot edit (1)

Memasuki area Bajulmati rasa penasaran saya pun mulai muncul sudah sampai mana jalanan aspal bagus ini yang targetnya menghubungkan daerah pantai sendang biru dan pantai balekambang ini sejak terakhir saya kesini. Terus menelusuri jalan Bajulmati beraspal sampai habis melewati kecamatan Gajahrejo dan beberapa objek pantai misalnya seperti pantai goa cino, pantai bajulmati 1, bajulmati 2, pantai pasir panjang, pantai jolangkung, pantai lepek, pantai mbengkung.

Sesampainya di penghujung jalan aspal jalan sudah mulai makadam tapi ternyata sudah ada pelebaran jalan karena masih tahap pembangunan. Dari sinilah kami mulai mencari pantai-pantai misterius itu melewati jalan hutan makadam dan beberapa jembatan sungai memang di perjalanan sebelumnya menuju pantai ngantep kami sudah pernah melewati jalan ini sebelumnya jadi mungkin kami sedikit paham detailnya.

Kamipun sering-sering bertanya pada warga sekitar tentang beberapa pantai yang bagus di daerah itu dan sempat tersesat di beberapa rute jalan yang setapak hanya bisa dilewati sepeda motor. Terus menjelajah melewati perkebunan, ladang, sawah akhirnya kamipun terhenti untuk berfikir sejenak dengan bertanya lagi kependuduk sekitar sampai jelas rutenya. Kemudian kami di arahkan kembali menuju jalanan aspal lagi yang sebelum jalan makadam ada beberapa pantai bagus di kawasan itu.

Sesampainya jalanan aspal sekitar jam 11 siang kami bertanya kembali masih di daerah sekitar Gajahrejo dan ternyata memang benar ada beberapa pantai bagus di daerah ini. Melewati beberapa ladang perkebunan dengan jalan kecil yang misterius akhirnya kami menemukan pantai yang indah dan masih sangat alami bahkan pemandangannya melebihi prakiraan kami dan ada gardu selayang pandangnya lagi buat melihat kawasan pantai-pantai surga di daerah Bajulmati ini.

Wow!memang sangat bagus kawasan pantai ini dilihat dari atas sungguh kenikmatan yang luarbiasa dari Tuhan Yang Maha Esa. Terlihat juga beberapa di sebelahnya dan kami sebut sendiri pantai ini heavenland beach karena pada saat tanya warga sekitar pantai ini belum punya nama. Pasir di pantai ini termasuk pantai pasir putih meskipun areanya kecil tapi mempunyai kelebihan tersendiri yaitu ada watu bolong dan gerdu selayang pandang yang telah dibangun warga sekitar sungguh bisa di bilang sangat menakjubkan pemandangan disini. Kamipun sangat menikmati sejuk dan panas teriknya udara pantai juga sambil berfoto-foto sampai pada akhirnya kami merasa kelelahan dan tertidur di gerdu untuk beristirahat sejenak menikmati sejuknya hembusan angin pantai. Bisa dilihat foto-fotonya di bawah ini :

1390479_297561053715952_193503870_n

1376439_297562357049155_723660922_n

Setelah sejenak usai beristirahat sekitar jam 13.00 WIB kamipun melanjutkan perjalanan di pantai ke dua yang tak kalah misteriusnya kami sebut pantai karang tengkorak karena banyak karang yang menyerupai tengkorak dan memang struktur pantainya terdiri dari karang-karang dari bebatuan kapur. Di pantai ini lah kami berjemur, mandi, bermain dan mengabadikan momen. Jarak pantai ke 2 ini dengan pantai pertama tidak jauhkok mungkin hanya 300-400 meter saja terbelah oleh bukit kapur. Berikut dokumentasinya :

Mungkin hanya sekitar 1 jam lebih kita berada disini jam setengah 4 lebih kami sudah bersiap kembali untuk ke surabaya karena terlihat cuaca sudah mulai mendung dan perjalananpun masih jauh untuk menuju Surabaya.Oh iya jangan lupa simak videonya juga kalau masih penasaran :

Untuk soal tarif dua pantai tadi masih benar-benar gratiskok kami hanya habis uang bensin dan makan dari Surabaya saja. Mungkin destinasi kali ini boleh dicoba untuk rekan-rekan penjelajah yang mau mencoba kedua tempat pantai misterius ini, memang tak ada plakat terus intinya kalau ke pantai ini adalah pantai jolangkung dan lepek pantai ini berada disebelah pantai lepek tetapi beda jalur beberapa km kemudian harus sering-sering bertanya kepada warga sekitar supaya tidak kesasar juga nomer satu adalah punya niatan menjelajah dengan feeling experience yang bagus terhadap medan yang akan di hadapi. So Good Luck bagi yang ingin mencoba mungkin detailnya bisa saya carikan di google map. Baik terimakasih telah membaca cerita perjalanan yang lagi-lagi mengenai touring Suetoclub community. Mudah-mudahan kami selalu dapat terus memberi cerita-cerita berkualitas tentang indahnya Indonesia di masa mendatang :).