Edo Rusyanto's Traffic

perlintasan kereta api

PARA pengguna jalan kembali diingatkan soal pedihnya kecelakaan lalu lintas jalan yang terkait kereta api (KA) atau kereta rel listrik (KRL). Tragedi memilukan itu terjadi Senin, 9 Desember 2013 pagi, saat kereta api bertabrakan dengan truk pengangkut bahan bakar. Korban tewas berjatuhan, korban luka-luka meradang. Indonesia berduka.

Apa persisnya yang memicu tragedi itu kita tunggu hasil investigasi pihak berwenang. Entah itu pihak kepolisian, PT KAI, maupun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pastinya, kembali kita dibukakan mata hati dan memori bahwa di perlintasan kereta api tersimpan potensi terjadinya kecelakaan. Apalagi, jika ada pengguna jalan yang nekat menerobos saat palang pintu KA sudah ditutup atau akan ditutup. Padahal, sudah terlalu banyak contoh-contoh memilukan saat pengendara kendaraan bermotor menerobos palang pintu perlintasan KA.

Bahkan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan investigasi terhadap 44 kecelakaan kereta api sejak 2007 hingga 2012. Seperti dilansir tempo.co, dari 44 kecelakaan kereta api yang diinvestigasi KNKT, ada…

Lihat pos aslinya 187 kata lagi