Salam wildlife!yup sueto grup memulai lagi touring mencari tempat-tempat baru yang alami dan asik untuk dikunjungi. Perjalanan yang dilakukan di bulan November 2013 ini bermaksut sekalian kita survey disekitar pantai selatan Malang tapi sekalian touring dari Surabaya tujuannya yaitu pantai selatan Malang kemudian  pantai Mbengkung. Pantai Mbengkung ini terletak di desa gajahrejo kecamatan gedangan Malang, Jatim, Indonesia.

Letak  Pantai di wikimap :

peta

Perjalanan dari Surabaya kami berangkat malam hari sehingga target kami sampai kesana di pagi hari tercapai agar dalam sehari kami bisa agak lama berada di kawasan pantai. Sesampai di daerah Turen sekitar jam 2 pagi kami beristirahat dahulu makan pagi karena ada sesuatu warung yang menggoda kami di sebelah pom bensin kota Turen yaitu penyetan Ceker Setan yang memang setelah dirasakan benar-benar membuat malam yang terasa dingin saat itu terasa sangat panas, pedas dan keringetan. Bumbu penyetan ceker setan yang merupakan perpaduan merica dan lombok ini terasa benar-benar membuat kami kepedasan seperti dikejar setan dipadu dengan jeruk hangat di malam hari terasa mantab lah saat itu. Setelah makan kami menuju ke arah Sumbermanjing untuk istirahat lagi dan sholat shubuh tapi perut ini tiba-tiba berkejolat hanya 2 jam setelah jeda makan memang bumbunya berasa mengguggah perut kami hingga sangat panas dan ingin bunag air besar saat itu juga tak hanya satu orang beberapa rekan kami yang mencoba ceker setan itu juga berfeek sama pada perutnya masing-masing haha..

Udara saat itu sangatlah dingin meskipun kami sudah berpakaian lengakap saat itu tapi tetap saja kami tidak bisa membayangkan bahwa keadaan cuaca saat itu bisa sama dinginnya dengan saat kita berada di kawasan pegunungan Bromo ya meskipun daerah Sumbermanjing tidak terlalu tinggi. Sampai pagi pun sekitar jam 05.30 matahari tidak mau menyapa kami hari masih terkesan sangat gelap dan mendung sampai akhirnya kami tiba dikawasan pantai kabutpun sampai menutup area lautan saat itu sekilas sayapun teringat oleh film “PirateCarribian” yang lautnya jika kapal Black Pearl datang diselingi asap kabut hehe..

Akhirnya kami pun tiba disebuah gubuk dekat pantai dan memutuskan untuk beristirahat sampai matahari mau menyapa kami. Sekitar jam 10 pagi kami pun terbangun dan mulai aktifitas di pantai dibawah ini bisa dilihat hasil dokumentasi pantai mbengkung. Pantai in terdiri dari 2 pantai yang ditutupi karang airnya pun sangat jernih tidak membuat kami gatal-gatal saat setelah mandi di pantai , kedua pantai ini memiliki ombak yang besar dan saat kami disana ombaknya memang sedang besar-besarnya jadi hati-hati bagi yang membawa  anak-anak untuk bermain di pantai ini. Pantai ini pun menjadi destinasi favorit kebanyakan pemancing lokal karena sebelah timu pantai ini juga bersebelahan dengan pantai nglepek dan TPI di sendang biru.

Simak foto-foto dokumentasi pantai Mbengkung di b awah ini :

Setelah puas kami menikmati pantai yang indah ini kami langsung bergegas kembali ke Surabaya sekitar jam 4 sore hari dari kawasan pantai bajulmati. Kesimpulan kami memang banyak pantai indah yang belum terjamah manusia di sekitar kawasan jalur Bajulmati Malang yang mungkin bisa dijadikan destinasi favorit saat libur weekend   bagi yang suka liburan bertema alam dan menghindari kepenatan kota. Saran kami yang pertama memang harus dilestarikan kekayaan alam Indonesia juga kebersihannya juga tempatnya sudah ramai dan terkenal dijadikan tujuan wisata pihak perhutani dan pemerintah daerah juga harus selalu mendukung untuk pelestarian tempat-tempat wisata tersebut sehingga benar-benar manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk sekitar bukan investor. Membudidayakan masyarakat sekitar adalah hal yang sangat penting dalam pemerataan kesenjangan ekonomi seperti mengedukasi tentang menjaga kebersihan tempat wisata setelah masyarakat sekitar mampu mengolah tempat wisata tersebut sebagai ladang potensi bisnis pariwisata. Penting memberi edukasi kepada para Traveler yang berkujung, tentang edukasi  “Green Traveler Project” yang harus dilakukan saat kita berpergian ke tempat-tempat wisata. Menyediakan tempat sampah di daerah wisata juga sangat penting untuk menjaga  kebersihan dan kelestarian tempat wisata tersebut minimal setiap wisatawan mempunyai inisitatif untuk membawa plastik penampungan sampah sendiri agar tidak mengotori tempat tersebut meskipun di beberapa tempat wisata sudah ada pengolah atau penjaga kebersihannya. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang masih belum mengerti tentang artinya menjaga kebersihan dan seharusnya edukasi ini dimulai dari yang dewasa untuk mengajari pada yang mudang tentang pentingnya menjaga kelestarian dan lingkungan di negara sendiri. Terima kasih telah membaca tulisan ini semoga kami  tulisan ini berguna bagi seluruh pembaca di manapun mereka berada J.

Berikut link videonya silahkan di klik:

Silahkan berkunjung juga ke link ini jika mau paket travelnya https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/ :)