Edo Rusyanto's Traffic

maludehcom

BELAKANGAN ini publik disodori dua laman internet yang ‘fenomenal’. Keduanya diluncurkan di Jakarta dan hadir dalam selisih hitungan hari pada minggu kedua Desember 2013.

Publik ditawari kesempatan untuk berbagi dalam meningkatkan kesadaran berkendara yang aman dan selamat. Seperti apa?

Situs maludeh.com menyediakan tempat bagi publik mengirimkan foto-foto pelanggaran aturan di jalan dan di ruang layanan publik lainnya. Hal serupa juga diberikan oleh tertiblantas.com.

“Di kami, setiap foto yang ditayangkan kami filter dulu identitas kendaraannya, seperti pelat nomor sebagai prinsip praduga tak bersalah,” ujar Saftari, penggagas maludeh.com saat berbincang dengan saya suatu ketika di Jakarta.

Laman maludeh.com mengaku bahwa apa yang dilakukan pihaknya nya adalah mengajak masyarakat untuk malu berperilaku tidak tertib. Demikian pula dengan tertiblantas.com. “Website ini dibuat sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa tertib berlalulintas pada masyarakat yang dikemas secara gamifikasi, sehingga peserta dapat ter-engadgement dan ‘terikat untuk terus berpartisipasi’ dengan fun, akrab dan menyenangkan,” ujar AKBP Irvan Prawira…

Lihat pos aslinya 230 kata lagi