Edo Rusyanto's Traffic

penjualan motor mobil 2008 2013

INDONESIA memang memikat bagi para produsen kendaraan bermotor. Tak heran jika para pabrikan dari berbagai penjuru dunia rela merogoh kocek triliunan rupiah untuk membangun pabrik perakitan di Nusantara.
Tren penjualan kendaraan bermotor, entah itu sepeda motor maupun mobil, belakangan ini terus meningkat. Pada 2011, Indonesia mencatat rekor baru di penjualan sepeda motor, yakni menyentuh angka delapan juta unit. Angka itu merupakan puncak sepanjang sejarah penjualan sepeda motor di Indonesia. Begitu juga dengan penjualan mobil yang menorehkan angka nyaris sembilan ratus ribu unit.
Setahun kemudian, penjualan mobil mencetak rekor baru, yakni 1,1 juta unit, sedangkan penjualan motor melorot sekitar 7,1 juta unit. Namun, memasuki 2013, penjualan mobil kembali menggeliat, yakni menjadi sekitar 1,2 juta unit. Begitu juga sepeda motor yang ditaksir menyentuh berkisar 7,6-7,7 juta unit.
Bagaimana dengan tahun ini? Tahun 2014, penjualan kendaraan bermotor diprediksi meningkat. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memperkirakan ada peningkatan sekitar 5% menjadi sekitar delapan…

Lihat pos aslinya 70 kata lagi