Edo Rusyanto's Traffic

IMG01452-20100809-0851

Infrastruktur jalan raya menjadi tulang punggung ekonomi. Distribusi barang dan jasa bertumpu pada infrastruktur jalan. Baik itu pergerakan dari tempat sumber bahan baku, pusat produksi, hingga menuju ke pasar barang dan jasa. Infrastruktur jalan yang bagus juga memengaruhi produktifitas sumber daya manusia (SDM) suatu negara.

Begitu pentingnya infrastruktur, termasuk infrastruktur jalan, berdasarkan studi World Bank (1994) disebutkan elastisitas Produk Domestik Bruto (PDB) terhadap infrastruktur di suatu negara adalah antara 0,07 sampai dengan 0,44. Menurut Bappenas, hal ini berarti dengan kenaikan 1% saja ketersediaan infrastruktur akan menyebabkan pertumbuhan PDB sebesar 7% sampai dengan 44%, variasi angka yang cukup signifikan.

Indonesia setidaknya memiliki 38 ribu kilometer (km) jalan nasional, 48 ribu km jalan provinsi, dan 288 ribu km jalan kabupaten atau kota. Sedangkan panjang jalan nasional tol sekitar 742 km. Dari jumlah keseluruhan jalan nasional, sekitar 11% dalam kondisi rusak berat dan ringan. Butuh perhatian khusus dari pemerintah, dalam hal ini kementerian…

Lihat pos aslinya 660 kata lagi