Edo Rusyanto's Traffic

IMG04128-20101227-1303

SALAH satu upaya mencegah tingginya kasus kecelakaan lalu lintas jalan adalah dengan menjaga jarak aman saat berkendara. Rentang jarak tiap kendaraan mempengaruhi pada kemungkinan terjadinya tabrakan. Saat ada pengereman mendadak, bila jarak antara kendaraan terlalu dekat, apalagi hampir menempel, tidak mustahil membuat peluang tabrak belakang kian besar.

Jarak aman saat bersepeda motor adalah suatu kondisi untuk pengendara melakukan reaksi atas situasi yang terjadi di depannya. Karena itu, agar aman selalu diciptakan ruang kosong dengan rentang tiga detik. Rentang waktu tersebut juga dengan persyaratan laju sepeda motor yang konstan, artinya jika kendaraan di depan melaju 50 kilometer per jam, kendaraan yang ada di belakangnya melaju dengan kecepatan yang tidak terpaut jauh, bahkan relatif sama. Lantas jaraknya berapa meter?

Dengan asumsi melaju dengan kecepatan 50 kilometer per jam, kecepatan itu setara dengan 0,83 km/menit. Angka itu setara dengan 0,013 km/detik atau sama dengan 14 meter/detik. Bila asumsi rentang waktu yang aman adalah…

Lihat pos aslinya 326 kata lagi