petaka

Edo Rusyanto's Traffic

berponsel sambil bersepeda motor

BERPONSEL sambil berkendara bisa menggoda sang petaka jalan raya hadir menjemput. Bagaimana tidak, aktifitas berponsel amat mungkin mengganggu konsentrasi pengendara kendaraan bermotor. Kita tahu bahwa berkendara butuh konsentrasi penuh. Ada yang bilang, berkendara itu pekerjaan penuh waktu alias fulltime job.

Data Korlantas Polri pada 2013 menyebutkan bahwa aktifitas berponsel menjadi pemicu utama kecelakaan lalu lintas jalan di dalam faktor teknologi. Kepolisian tampaknya mulai mendata pemicu kecelakaan dari aspek teknologi, sekalipun kontribusinya masih di bawah 1% terhadap total kasus kecelakaan. Pada tahun-tahun sebelumnya faktor ini melebur di dalam faktor manusia.

Mengutip data tersebut, aktifitas berponsel ternyata memicu 97% kecelakaan yang disebabkan faktor teknologi. Aktifitas berponsel yang paling tinggi memicu kecelakaan adalah menerima panggilan telepon. Maksudnya, berkendara kendaraan bermotor sambil menerima panggilan telepon masuk, lalu berbincang sambil berkendara. Aspek ini menyumbang hampir 40% dari total faktor teknologi.

Aspek kedua terbesar, masih menurut data Korlantas, aktifitas menelepon sambil berkendara, yakni menyumbang sekitar 27%…

Lihat pos aslinya 266 kata lagi