Ya harus sadar diri dengan keselamatan berkendara 😉

Edo Rusyanto's Traffic

pebalap dani pedrosa sentul

COBA tengok di sekeliling kita. Belasan, puluhan, bahkan ratusan pesepeda motor yang belum memakai alat perlindungan diri secara maksimal. Masih banyak yang tidak memakai helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.
Risiko bersepeda motor lebih tinggi dibandingkan menggunaan mobil. Pasti pernah dengar jargon, pemobil itu daging dibungkus besi, sedangkan pesepeda motor, besi dibungkus daging. Maksudnya, sang penunggang kuda besi risikonya lebih tinggi untuk saat terjadi benturan. Ruangnya terlalu ‘telanjang’ dibandingkan pemobil yang terlindungi kerangka besi roda empat.

Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) hanya mewajibkan pesepeda motor memakai helm pelindung kepala, tapi rasanya kita perlu melindungi diri secara maksimal. Jaket misalnya, untuk mengurangi risiko terserang masuknya angin secara langsung ke dalam tubuh. Bayangkan jika tubuh kita diterpa angin secara terus menerus, lama-lama bisa masuk angin.

Helm yang berfungsi melindungi isi kepala kita, jenisnya sudah diatur menurut UU 22/2009 tentang LLAJ, yakni helm yang berstandard…

Lihat pos aslinya 155 kata lagi

Iklan