Edo Rusyanto's Traffic

IMG13443-20120202-1248

TABRAK lari menjadi persoalan cukup serius. Gak percaya? Coba simak data Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) tahun 2013. Ternyata, tahun itu setiap hari ada 34 kasus tabrak lari.

Ironisnya, kecelakaan lalu lintas jalan yang pelakunya melarikan diri alias tabrak lari, tiap hari merenggut sembilan jiwa. Artinya, 22,22% dari total korban tabrak lari di Indonesia harus berujung pada kematian.

Tunggu dulu. Persoalan tabrak lari juga menyisakan kepedihan bagi mereka yang menderita luka-luka. Tiap hari, rata-rata ada sepuluh anak negeri yang menderita luka berat lantaran tabrak lari. Belum lagi mereka yang luka ringan, jumlahnya rata-rata 23 orang.

Kasus tabrak lari mencerminkan bagaimana orang dengan mudahnya lepas tanggung jawab. Bisa jadi seorang pelaku kecelakaan menghindar lantaran takut dihakimi warga sekitar. Namun, jika seperti itu permasalahannya, sang penyebab kecelakaan bisa membantu korban dengan cara yang berbeda. Misalnya, memberi santunan atau membantu biaya pengobatan sang korban. Persoalannya adalah sudah menyebabkan kecelakaan, lalu…

Lihat pos aslinya 207 kata lagi