Edo Rusyanto's Traffic

busway motor 2

SIAP-SIAP bagi pelanggar rambu dan marka untuk kena semprit denda maksimal. Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) bilang, denda maksimal untuk pelanggaran seperti itu sebesar Rp 500 ribu. Ada pilihan lain, yakni kurungan badan selama maksimal dua bulan. Dua-duanya pilihan sulit.

Nah, salah satu kasus pelanggaran yang bakal bisa kena aturan itu adalah masuk ke jalur Transjakarta atau yang kondang disebut busway. Jalur khusus untuk bus Transjakarta hadir sejak 2004 dan disediakan khusus untuk angkutan tersebut. Walau, belakangan juga bisa dimanfaatkan oleh bus APTB dan bus sedang Kopaja rute tertentu.

Di setiap memasuki jalur Transjakarta biasanya ada rambu atau marka jalan yang menegaskan bahwa jalur tersebut adalah khusus bus Transjakarta. Jalur yang memang bukan untuk kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil roda empat.

“Denda yang diterapkan maksimal supaya masyarakat segera sadar dan menghargai pengguna jalan yang lainnya,” ujar Kasubdit Gakum Ditlantas…

Lihat pos aslinya 210 kata lagi