Edo Rusyanto's Traffic

poster kopcau ke 17_pesta demokrasi 2014

KAMPANYE pemilihan umum (pemilu) menjadi terasa tak sedap ketika para simpatisan partai politik (parpol) tumpah ruah di jalan raya. Aroma tak sedap menyeruak manakala iring-iringan kendaraan diwarnai dengan aksi melibas aturan di jalan. Salah satunya adalah pemandangan simpatisan yang bersepeda motor tanpa memakai helm. Berisiko.

Coba saja lihat rekapitulasi penindakan peserta kampanye yang dibeberkan Ditlantas Polda Metro Jaya. Untuk sepanjang Kamis (3/4/2014) saja tercatatat sebanyak 93,37% pelanggaran yang ditindak adalah pesepeda motor yang tidak memakai helm. “Dari jumlah tilang yang sebanyak 166, jenis pelanggaran tidak memakai helm sebanyak 155 kasus,” jelas Ajun Komisaris Besar Polisi Hindarsono, dalam pesan tertulis whats app yang saya terima Kamis (3/4/2014) sore.

Sudah semestinya para simpatisan parpol lebih peduli terhadap keselamatan dirinya saat mengikuti kampanye. Fakta yang ada selama ini menunjukkan bahwa cedera di kepala menjadi pemicu utama kematian pesepeda motor yang terlibat kecelakaan. Cedera di kepala dimungkinkan oleh tiga hal, pertama karena tidak memakai…

Lihat pos aslinya 257 kata lagi