Edo Rusyanto's Traffic

gatot subroto jaksel

SETIAP jam, Indonesia digerojok 900-an sepeda motor anyar per akhir Mei 2014. Angka itu meningkat sekitar 6% jika dibandingkan periode Januari-Mei 2013. Sedangkan Pulau Jawa masih menjadi penikmat kue sepeda motor terbesar. Tampaknya sepeda motor masih menjadi kebutuhan konsumen, tentu saja kebutuhan bertransportasi.

Setidaknya begitulah alasan kebanyakan orang yang saya temui saat membeli sepeda motor, untuk alat transportasi. Si kuda besi menjadi tunggangan untuk mencari nafkah, untuk kuliah, hingga untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Di bagian lain, sepeda motor juga masih menjadi salah satu fitur status sosial.

Kembali soal serbuan sepeda motor sepanjang lima bulan pertama 2014. Jawa menjadi wilayah terbesar yang menyerap gerojokan sepeda motor besutan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Per akhir Mei 2014, Jawa menyerap sekitar 590 sepeda motor per jam. Artinya, wilayah terpadat penduduknya di Indonesia itu menyerap sekitar 62% dari total penjualan sepeda motor.

Penjualan sepeda motor di Jawa naik tipis sepanjang Januari-Mei 2014…

Lihat pos aslinya 182 kata lagi