Edo Rusyanto's Traffic

ambulan sirbo

TERNYATA pengemudi ambulans menerapkan aturan main yang cukup tegas saat membawa pasien ke rumah sakit. Dua di antaranya adalah tidak menyalakan sirene dan melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam (kpj).
“Jika menyalakan sirene akan menaikkan adrenalin pasien, apalagi pasien sakit jantung. Bisa membahayakan kesehatan pasien,” ujar petugas dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam diskusi yang membahas protokol Kelalulintasan Kendaraan Darurat, di Jakarta, baru-baru ini.

Dia bercerita, ambulans memang mesti cepat tiba di lokasi tujuan, misalnya lokasi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. Cepatnya ambulans dan petugasmedis di lokasi kejadian diharapkan bisa menolong korban yang berpotensi hidup. Karena itu, saat menuju lokasi tujuan menjemput pasien, ambulans menyalakan lampu sirene dan lampu rotatornya yang berwarna merah.

Sekalipun ambulans mendapat prioritas di jalan raya, menurut dia, pihaknya was-was jika mengabaikan aturan lalu lintas. Misal, menerobos lampu merah, hal itu riskan karena bisa saja terjadi insiden tabrakan dengan kendaraan lain yang tidak…

Lihat pos aslinya 203 kata lagi