Edo Rusyanto's Traffic

laka berita koran tempo

INDONESIA punya catatan kelam soal kecelakaan lalu lintas jalan. Tahukah Anda soal jenis-jenis kecelakaan yang dominan melanda negara kita?

Mengutip data Korp Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), pada 2013, jenis kecelakaan terbesar adalah tabrakan depan dengan depan. Maksudnya, tabrakan antara bagian depan kendaraan dengan bagian depan kendaraan lainnya. Tabrakan jenis ini populer disebut adu kambing atau adu banteng.

Kecelakaan jenis adu kambing menyumbang 23,46% terhadap total kasus kecelakaan yang terjadi pada tahun lalu. Setiap hari setidaknya rata-rata ada 64 kasus kecelakaan jenis yang satu ini.

Jenis kecelakaan yang satu ini kerap terjadi di ruas yang memiliki dua arah tanpa median jalan. Bisa jadi karena salah satu dari kendaraan yang terlibat sedang mendahului. Namun, lantaran kurang perhitungan dari arah berlawanan muncul kendaraan lain. Tabrakan pun tak bisa dihindari. Sedikit kasus seperti yang terjadi di jalan layan non tol Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta beberapa waktu lalu. Sekalipun tabrak depan-depan, tapi…

Lihat pos aslinya 198 kata lagi