Edo Rusyanto's Traffic

rambu 10km

MASYARAKAT lebih mematuhi rambu lalu lintas ketimbang petugas. Survey Road Safety Association (RSA) Indonesia memperlihatkan bahwa 72,43% responden mengaku lebih mematuhi rambu lalu lintas ketimbang petugas.
Kepada 642 responden dalam survey sepanjang Januari-Mei 2014 ditanyakan mana yang lebih dipatuhi ketika ada polisi lalu lintas (polantas), petugas dinas perhubungan, dan rambu lalu lintas? Nah, mayoritas seperti ditulis di atas, lebih memilih rambu. Sedangkan sebanyak 24,92% mengaku akan mematuhi perintah polantas.

Persepsi ini bisa jadi memperlihatkan rendahnya pengetahuan publik tentang diskresi polantas. Tak heran ketika menemui instruksi polisi untuk maju hingga melibas zebra cross, esok harinya ketika tidak ada instruksi polantas, masyarakat mendiskresikan dirinya sendiri. Memprihatinkan.

Bahkan, bisa saja persepsi tersebut mencuat karena degradasi rasa hormat dan patuh terhadap petugas. Atau, kondisi yang paling buruk, sikap menghargai aturan dan petugas menyusut demi kepentingan diri sendiri dan tidak menyesal melanggar aturan sebelum merasa dirugikan atas tindakannya tersebut.

Logika berkendara atau berlalu lintas jalan…

Lihat pos aslinya 321 kata lagi