Edo Rusyanto's Traffic

pemotor di jalan jakarta

BAGI para pesepeda motor jalan raya menjadi salah satu tempat ujian kesabaran. Khusus mereka yang wira-wiri di Jakarta dan sekitarnya uji kesabaran menjadi menu sehari-hari. Rasa sabar diuji oleh kemacetan arus lalu lintas jalan yang menggila, sekaligus oleh perilaku yang ugal-ugalan.

Di sisi lain, para pesepeda motor juga kerap dianggap sebagai penguji kesabaran oleh sesama pesepeda motor. Bahkan, dianggap sebagai penguji kesabaran bagi pengguna jalan yang lain. Baik pedestrian, pesepeda kayuh, atau pengguna mobil pribadi dan angkutan umum.

Memasuki bulan puasa atau Ramadhaan, pesepeda motor yang menjalani ibadah shaum mendapat ujian kesabaran tambahan. Saat berpuasa dari menjelang matahari terbit hingga matahari terbenam, tubuh pesepeda motor menghadapi perjuangan tersendiri. Rasa haus dan lapar yang mendera, terutama di hari-hari pertama berpuasa, bisa memengaruhi konsentrasi. Tubuh yang melemah lantaran dehidrasi, teriknya sinar matahari, kebisingan suara mesin dan knalpot kendaraan bermotor, hingga debu dan asap knalpot bersatu padu menguji kesabaran pesepeda motor.

Rasa sabar…

Lihat pos aslinya 378 kata lagi

Iklan