Edo Rusyanto's Traffic

IMG13443-20120202-1248

SEORANG kolega saya bercerita tentang perjalanan mudiknya. Ketika sang anak masih kecil-kecil dia menyetir sendiri dari Jakarta hingga ke kampung halaman di pesisir Jawa Timur. Situasi berubah saat sang anak beranjak cukup umur.

“Saya bisa gantian dengan anak. Walaupun sanggup sendirian, tapi letihnya luar biasa kalau nyetir dua puluhan jam seorang diri,” papar kolega saya, beberapa waktu lalu.

Ceritanya belum selesai. Dia menuturkan, manajemen perjalanan dibuat sebaik mungkin. Setepat mungkin. Tujuannya agar ada waktu untuk istirahat yang cukup sehingga badan tetap bugar ketika mengendarai gerobak besi. Maklum, di dalam mobil ada seluruh anggota keluarganya. Lengah sedikit, bisa fatal akibatnya.

Ya. Pengaturan lama perjalanan dan waktu istirahat menjadi amat vital untuk menjaga stamina pengendara. Ketika arus mudik dan balik Lebaran, situasi arus lalu lintas bisa ekstrim. Maksudnya, amat mungkin terjadi kemacetan atau antrean yang luar biasa. Ketika itulah dibutuhkan stamina yang ekstra, termasuk kesabaran yang berganda.

Tahukah Anda bahwa jam paling…

Lihat pos aslinya 200 kata lagi